Inilah 5 Cara Mengatasi Kode Verifikasi WhatsApp yang Tidak Masuk ke HP



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pelajari beberapa cara mengatasi masalah kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul. Pengguna baru WhatsApp perlu memahami beberapa fitur setelah berhasil menginstal aplikasi.

WhatsApp adalah platform perpesanan online yang menggunakan nomor HP sebagai identitas. Bagi pengguna baru, langkah awal yang harus dilakukan adalah mengunduh aplikasi melalui Android atau iPhone.

Pastikan nomor HP yang digunakan untuk membuat akun WhatsApp aktif. Pengguna yang login di perangkat baru harus menerima kode verifikasi yang dikirim melalui SMS.


Baca Juga: Cara Ganti Akun Google Chrome dengan Akun Lain untuk Pemula

​Cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp tidak masuk

Fitur ini berfungsi untuk memastikan privasi dan keamanan, bahwa pengguna masuk menggunakan nomor HP yang valid. Namun, terkadang kode verifikasi WhatsApp tidak muncul melalui SMS.

Ada beberapa alasan mengapa kode verifikasi mungkin tidak diterima. WhatsApp juga menyarankan agar tidak memasukkan kode verifikasi secara sembarangan, karena hal ini dapat mengakibatkan akun pengguna terkunci oleh sistem.

Simak beberapa solusi untuk mengatasi masalah kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul bagi pengguna.

Baca Juga: Intip Panduan Cancel Email yang Sudah Terkirim di Gmail untuk Pemula

1. Salah mengetik nomor

Pengguna bisa saja menemui kesalahan dalam memasukkan nomor HP untuk login ke WhatsApp. Hal tersebut bisa mengakibatkan kode verifikasi tidak muncul di menu SMS. Tentunya, pengguna bisa cek kembali nomor HP yang dimasukkan saat login ke aplikasi.

2. Nomor tidak aktif

Pastikan pengguna mendaftarkan nomor HP aktif sebagai akun WhatsApp. Apabila tidak menerima kode verifikasi WhatsApp, kemungkinan nomor sudah hangus atau tidak aktif.

Tentunya, sistem tidak bisa mengirimkan kode verifikasi WhatsapApp, sehingga tidak muncul di menu SMS. Pengguna bisa menggantinya dengan nomor HP yang baru dan aktif untuk mendaftarkan akun WhatsApp baru.

3. Koneksi internet buruk

Ftur verifikasi WhatsApp memerlukan jaringan internet yang stabil. Jika pengiriman kode verifikasi WhatsApp tidak berhasil saat koneksi buruk, maka sistem tidak akan mengirimkannya.

Pastikan pengguna bisa mendapatkan bantuan koneksi internet seperti WiFi atau tethering dari HP lainnya.

4. Sinyal operator buruk

Selanjutnya, pengguna bisa menemui masalah sinyal operator yang buruk sehingga kode verifikasi tidak muncul. Selain itu, pengguna bisa mengecek tampilan bar pada operator HP.

Apabila dalam keadaan lemah atau kosong fitur SMS tidak bisa menerima pesan kode Verifikasi dengan baik.

5. Pilih verifikasi Whatsapp melalui Telepon

Apabila pengguna tidak menerima kode 6 digit melalui SMS, tunggu hingga 10 menit. Pengguna bisa meminta panggilan telepon untuk verifikasi WhatsApp. Pengguna klik opsi Panggil saya untuk meminta panggilan dan tunggu suara yang memberikan kode verifikasi 6 digit.

Sebagai catatan, operator seluler akan mengenakan biaya untuk SMS dan panggilan telepon. Demikian penjelasan terkait cara mengatasi kode verifikasi WhatsApp yang tidak muncul bagi pengguna baru.

Selanjutnya: Klub Eksklusif Senilai US$ 200 Miliar Hanya Beranggotakan 3 Orang, Siapa Saja?

Menarik Dibaca: Kisah Pemilik Fashion Lokal Gonegani Kembangkan Bisnis

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News