Inilah 6 Kebiasaan Sehat untuk Menjaga Kondisi Jantung dan Pembuluh Darah



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Pahami tips sehat untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Kesehatan kardiovaskular merupakan aspek penting dalam menjaga keseimbangan hidup.

Jantung, sebagai organ vital, rentan terhadap berbagai masalah. Tekanan darah tinggi, kadar kolesterol yang tidak sehat, serta gaya hidup yang buruk dapat menyebabkan kerusakan pada jantung dan pembuluh darah.

Salah satu cara efektif untuk menjaga kesehatan jantung adalah dengan membangun kebiasaan sehat setiap hari.


Baca Juga: Mau Berhenti Merokok? Ini 4 Makanan yang Bantu Proses Terapinya

Kebiasaan Sehat untuk Jantung

Langkah untuk mengatur pola makan dengan mengurangi konsumsi lemak jenuh, gula berlebih, dan garam dapat membantu mengontrol berat badan serta menurunkan risiko penyakit jantung. Perbanyak asupan sayuran, buah-buahan, biji-bijian, serta protein nabati dan protein hewani rendah lemak.

Aktivitas fisik seperti berjalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda dapat memperlancar aliran darah dan menjaga kekuatan jantung.

Selain itu, penting untuk mengelola stres, karena stres berlebihan bisa meningkatkan risiko masalah jantung.

Berikut ini beberapa kebiasaan yang baik untuk kesehatan jantung dilansir lewat laman Temple Health

Baca Juga: Kenali Gejala Jantung Sejak Dini

1. Turunkan berat badan

Ketika Anda memilih tubuh dengan kelebihan berat badan, bahkan penurunan berat badan sebesar 10% dapat menurunkan tekanan darah dan kadar kolesterol. Ini juga dapat mengurangi risiko diabetes.

Bicarakan dengan dokter utama atau kardiologis Anda untuk menetapkan berat badan yang menjadi target.

2. Berolahraga

Idealnya, seseorang berolahraga setidaknya selama 30 menit, 5 kali seminggu. Tetapi saat kekurangan waktu, bahkan bergerak lebih banyak dalam interval 10 menit bisa membantu.

Setiap langkah dihitung. Berdansa sambil memasak atau melipat cucian, atau jalan cepat setelah makan malam.

3. Kelola tekanan darah

Tekanan darah tinggi menyebabkan tekanan yang konstan pada jantung. Jika tekanan darah secara konsisten lebih tinggi dari 130/80, bicarakan dengan dokter Anda tentang langkah-langkah yang dapat diambil untuk menurunkan angka Anda.

4. Kontrol kolesterol

Diet sehat dan olahraga dapat membantu mengontrol kadar kolesterol. Salah satu cara untuk membantu menjaga kolesterol tetap terkendali adalah dengan mengurangi jumlah makanan yang digoreng dan diproses yang dikonsumsi.

Anda dapat mengganti dengan lebih banyak makanan berbasis nabati, biji-bijian utuh, dan makanan rendah lemak jenuh.

5. Berhenti merokok

Merokok adalah salah satu hal terburuk yang dapat dilakukan pada jantung Anda. Hanya satu rokok sehari dapat meningkatkan peluang Anda untuk mengembangkan penyakit jantung, serta kondisi kronis lainnya.

Selain itu, Anda perlu berhati-hati saat menjadi perokok pasif yang memiliki risiko yang sama.

6. Kelola Stres

Jika Anda stres, kemungkinan jantung juga. Selain efek kesehatan negatif dari stres pada tubuh Anda, tingkat stres tinggi cenderung mempromosikan perilaku tidak sehat seperti merokok, minum alkohol, dan makan berlebihan.

Tentu, ini tidak selalu mudah untuk tenang saat merasa kewalahan atau cemas. Hidup kadang-kadang kacau! Tetapi meditasi bisa menjadi satu cara bagi Anda untuk menemukan rasa tenang dan kedamaian dalam hidup.

 Dengan mengadopsi kebiasaan baik ini, kita dapat merawat kesehatan jantung kita dan menjalani kehidupan yang lebih bermakna dan bugar.

Itulah penjelasan terkait petunjuk dalam mewujudkan kesehatan jantung yang bermanfaat hingga hari tua.

Selanjutnya: Promo JSM Alfamart 13 Oktober 2024, Teh Pucuk Harum & Air Mineral Beli 2 Gratis 1

Menarik Dibaca: Cara Menggunakan Dua Akun WhatsApp dalam Satu Ponsel Tanpa Kloning Aplikasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News