Inilah Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah dengan Rutinitas Perawatan Kulit



MOMSMONEY.ID - Pori-pori wajah yang besar salah satunya disebabkan oleh produksi sebum yang berlebih. Sehingga, Anda perlu melakukan rutinitas perawatam kulit untuk mengatasi masalah ini. Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengecilkan pori-pori, melansir dari nose.co.id, berikut lima cara mengecilkan pori-pori di wajah, yaitu : 

1. Memilih Produk Perawatan Water-Based

Cara mengecilkan pori-pori wajah yaitu dengan memilih produk perawatan water-based. Penyebab pori-pori wajah Anda menjadi besar karena produksi sebum yang berlebih. Oleh karena itu, Anda sebaiknya memilih produk skincare berbasis air.

Anda juga perlu mencari tahu kandungan yang terdapat di dalam skincare, dimana water-based product biasanya diawali dengan komposisi water atau aqua. Produk berbahan water-based biasanya memiliki tekstur lebih cair atau berbentuk gel.

2. Menggunakan Clay Mask

Ada cara lain untuk mengatasi produksi sebum yang berlebih yaitu dengan menggunakan clay mask. Produk clay mask berfungsi untuk menyerap minyak berlebih pada wajah sehingga meringankan fungsi pori-pori untuk menyalurkan minyak ke permukaan kulit. Anda bisa menggunakan masker berbahan clay 1-2x dalam seminggu. 

Baca Juga: Jangan Sepelekan! Ini Cara Atasi Kucing Peliharaan yang Sedang Diare

3. Melakukan Eksfoliasi

Cara mengecilkan pori-pori wajah selanjutnya dengan melakukan eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan proses pengelupasan sel-sel kulit mati dan menggantikannya dengan sel kulit yang baru.

Dengan melakukan eksfoliasi, sumbatan dalam pori bisa berkurang dan ukuran pori-pori pun menjadi lebih kecil. Kamu bisa menggunakan eksfoliator AHA untuk kulit kering dan BHA untuk kulit berminyak. 

4. Gunakan Selalu Sunscreen

Jangan lupa selalu gunakan sunscreen saat Anda akan beraktivitas ke luar rumah. Sunscreen atau tabir surya berfungsi untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Sehingga kekenyalan dan elastisitas kulit terjaga dan pori-pori pun berada pada ukuran yang lebih kecil.

5. Pilihlah Produk Berbahan Niancinamide

Cara mengecilkan pori-pori wajah lainnya dengan memilih produk skincare berbahan Niancinamide. Selain berfungsi sebagai pencerah wajah, niancinamide ternyata juga bisa membantu menurunkan produksi sebum pada kulit. Niancinamide akan berusaha untuk menjaga kelembaban kulit sehingga pori-pori tidak nampak membesar.

Selanjutnya: Rumah Baru Masih Kosong? Ini Dia Perabotan Rumah Tangga yang Wajib Anda Miliki

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rizka Noveliana