MOMSMONEY.ID - Berbelanja memang jadi aktivitas yang menyenangkan khususnya bagi kaum hawa. Tren memasukkan produk belanja ke keranjang juga menjadi hal lumrah termasuk di kanal e-commerce. Shopee pun mencatat ada berbagai produk yang selalu jadi buruan di aplikasi berwarna oranye itu. Apa saja? 1. Produk Fesyen Sebagai kebutuhan sandang, produk fesyen lokal menjadi salah satu kategori produk lokal favorit para pengguna sepanjang tahun ini. Setidaknya terdapat tiga produk fesyen lokal yang paling banyak dicari. Mulai dari Celana Kulot, sebuah setelan pakaian yang dijahit melalui kombinasi sempurna antara gaya trendi dan kenyamanan.
Produk fesyen lokal berikutnya adalah Rok Batik Lilit, yang menggabungkan keanggunan tradisional dan sentuhan modern. Seiring berkembangnya tren
outfit berkain tradisional di kalangan generasi muda, keunikan dan kenyamanan Rok Batik Lilit berhasil menjadi daya tarik para srikandi Indonesia. Selain itu, hadir pula produk Hijab Pashmina lokal favorit para perempuan muslimah yang ingin fleksibilitas desainnya memungkinkan mereka untuk
mix &
match dengan berbagai gaya. Bahan yang lembut dan ringan memberikan kenyamanan sepanjang hari.
Baca Juga: Bikin Tegang, Ini 6 Rekomendasi Film Bertema Pembunuh Bayaran 2. Produk Aksesoris Sebagai pelengkap gaya fesyen, di kategori aksesoris terdapat dua produk aksesoris lokal yang berhasil menarik perhatian para pengguna Shopee. Pertama adalah Dompet yang selalu diandalkan menjadi teman setia dalam menyimpan berbagai dokumen dan materi penting dalam kehidupan sehari-hari. Di dalam saku-saku fungsional yang dibalut dengan desain
stylish, dompet dapat memberikan kemudahan bagi mereka yang ingin mencari kepraktisan dalam menjalani rutinitas. Produk lokal berikutnya adalah, Sepatu
Sneakers karya
brand lokal. Lahirnya beragam desain yang inovatif, ditambah dengan bahan berkualitas tinggi, berhasil membuat sepatu
sneakers karya
brand lokal menjadi pilihan utama masyarakat dalam beraktivitas. Tren ini turut dirasakan oleh Adhitya Caesarico, selaku Owner Aerostreet. Dia mengatakan, selama beberapa tahun terakhir, Adhitya melihat meningkatnya tren bangga mengoleksi sepatu sneakers ciptaan brand lokal. Hal ini tentunya tak lepas dari upaya dan strategi brand lokal dalam membangun budaya pop di masyarakat lewat inovasi sepatu sneakers yang semakin trendy mengikuti perkembangan preferensi skena sneakers global. Melihat tingginya antusiasme masyarakat terhadap koleksi sneakers dari Aerostreet pun mendorong dirinya untuk mulai mengembangkan produk basic apparel yang tentunya juga cocok digunakan oleh para penggemar sneakers Aerostreet. "Memang tak dapat dipungkiri, kehadiran rangkaian kampanye dan program dari Shopee berperan signifikan dalam membangun minat dan kecintaan masyarakat terhadap produk-produk lokal karya Aerostreet," ujarnya. 3. Makanan dan Jajanan Tradisional Berbicara tentang makanan dan jajanan Nusantara, tahun ini Basreng dan Sambal menjadi bintangnya. Basreng, singkatan dari Bakso Goreng merupakan sebuah olahan kuliner yang menggoda selera dengan kelezatan dan kegurihan rasanya. Sebagai menu kuliner yang sangat familiar di Indonesia hingga dunia dan dibalut dengan selera kekinian, Basreng berhasil menjadi pilihan favorit baru para pecinta kuliner lokal. Selain itu, beragam varian sambal dengan rasa autentik dari berbagai penjuru nusantara turut menjadi pilihan favorit penikmat kuliner di tahun ini. Sebagai warisan rasa Indonesia, sambal memiliki citarasa pedas yang kaya akan kenikmatan rempah-rempah. Kini terdapat banyak sekali UMKM lokal yang mampu mengkreasikan beragam olahan sambal dengan citarasa kuliner khas Nusantara.
Baca Juga: Gyeongseong Creature dan 3 Drama Korea Terbaru Bakal Tayang di Netflix Desember 2023 4. Produk Kecantikan dan Perawatan Diri Produk kecantikan dan perawatan diri lokal tak ketinggalan menjadi favorit pengguna Shopee di tahun ini. Dengan kandungan bahan baku alami, melahirkan produk perawatan dan kecantikan dengan kandungan vitamin yang sesuai dengan karakteristik kulit masyarakat Indonesia. Seperti
Sunscreen yang menjadi salah satu produk lokal favorit tahun ini, mampu memberikan perlindungan optimal dari sinar matahari di cuaca tropis untuk menjaga kulit dari efek buruk paparan matahari. Kemudian, ada
Toner sebagai produk lokal favorit berikutnya yang mampu menjaga kelembaban dan menyegarkan kulit wajah selama seharian. Sementara itu, Lipstik pun turut menjadi pilihan favorit masyarakat berkat keramahan bahan bakunya serta warna-warni lipstik yang begitu variatif.
"Shopee berkomitmen untuk terus menghadirkan lebih banyak inisiatif dan solusi digital terdepan untuk menjadikan UMKM sebagai pilar utama ekonomi Indonesia dengan menghubungkan ragam produk terbaik hasil karya UMKM dengan kebutuhan masyarakat. Semoga kampanye 12.12 Birthday Sale kali ini dapat membantu para
brand lokal dan UMKM di tanah air dalam mengembangkan kapasitas bisnisnya, sekaligus menciptakan lebih banyak produk lokal berkualitas yang dicintai,” tutur Monica Vionna. Bagaimana, apakah kamu sudah menemukan produk lokal favoritmu? Mumpung kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale masih berlangsung hingga 12 Desember 2023 mendatang, yuk temukan produk lokal favorit untuk memenuhi berbagai kebutuhanmu sehari-hari sambil menikmati berbagai penawaran menarik, seperti Pesta Gratis Ongkir Rp0, Gebyar Promo, dan Bonus Akhir Tahun 12M.
Baca Juga: Shopee 12.12 Birthday Sale Jadi Spesial, Nikmati 40% Cashback Lewat Shopee Video Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Jane Aprilyani