Inilah Fase Penentuan Medina untuk Menembus Delapan Besar Piala Dunia Catur



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Langkah dan harapan International Master (IM) Medina Warda Aulia untuk melaju ke babak kelima Piala Dunia Catur (FIDE Womens' World Cup 2023) masih tertahan. Pada game kedua babak keempat (16 besar), Kamis (10/8), Medina kembali bermain remis melawan IM Nurgyul Salimova, pecatur wanita asal Bulgaria. Pada game pertama sehari sebelumnya (9/8), Media juga bermain imbang dengan Salimova. 

Di game kedua, Medina memainkan Tarrasch Defense dengan memegang buah hitam. Di langkah perdana, Salimova mendorong pion d4, Medina membalas pion d5. Salimova memainkan Queen's Gambit dengan pion c4. Namun Medina menolak dengan menjawab pion e6. Setelah Salimova melangkahkan kudanya ke petak c3, Medina mendorong pion ke c5. 

Baca Juga: Cetak Sejarah Lagi! IM Medina Warda Aulia Lolos 16 Besar Piala Dunia Catur 2023


Pertarungan semakin ketat memasuki middlegame. Kedua pemain saling menjaga petak pusat. Evaluasi komputer juga memperlihatkan permainan dalam posisi seimbang. 

Memasuki langkah ke-27, Salimova menawarkan pertukaran menteri, yang langsung diterima Medina. Keputusan itu sekaligus menandai endgame. Kontrol waktu Medina cukup bagus. Di langkah ke-49, selisih waktu Medina dan Salimova cukup jauh, yakni 38 menit 22 detik berbanding 8 menit 33 detik. 

Baca Juga: Berharap Lolos 16 Besar FIDE World Cup, Medina Minta Doa Pencinta Catur Indonesia

Hanya saja, Salimova cukup mahir menjalankan bidaknya di fase endgame, sehingga mampu mengimbangi pergerakan bidak Medina. Permainan berakhir remis di langkah ke-57, setelah kedua pemain hanya menyisakan masing-masing dua perwira dan satu pion.

Baca Juga: Cetak Sejarah, IM Medina Warda Aulia Lolos ke Babak Ketiga FIDE World Cup 2023

Dengan hasil imbang di game kedua, maka skor kedua pemain sama, yakni 1-1. Pertandingan akan dilanjutkan dengan tiebreak, pada Jumat (11/8). Di fase tiebreak, Medina dan Salimova akan bermain dua game dengan kontrol waktu 25 menit dan tambahan waktu 10 detik (25+10). Jika kedudukan masih imbang, pertandingan berlanjut dengan memainkan dua game dan kontrol waktu 10+10.

Apabila kedudukan masih sama kuat, duel dilanjutkan dengan satu game dan kontrol waktu 3+2, sampai ada pemenangnya.

Apabila menang di fase tiebreak, Medina akan menembus babak kelima (delapan besar) Piala Dunia Catur 2023 yang berlangsung di Baku, Azerbaijan. Lagi-lagi, ini merupakan catatan rekor bagi Medina sebagai pecatur perempuan Indonesia yang masuk babak delapan besar FIDE Women's World Cup. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Sandy Baskoro