Inilah Jenis Ubi yang Bagus untuk Diet, Cek Ada Apa Saja!



MOMSMONEY.ID - Sedang diet menurunkan berat badan? Yuk, konsumsi ubi yang bagus untuk diet ini!

Ubi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang sangat digemari karena manfaat kesehatannya dan kandungan gizi yang tinggi. Bagi Anda yang sedang menjalani diet, ubi dapat menjadi alternatif pengganti nasi atau roti.

Ubi kaya akan serat, vitamin, dan mineral yang penting bagi tubuh. Tapi, ubi yang bagus untuk diet itu jenis apa, ya?


Jenis ubi jalar adalah ubi yang bagus untuk diet. Ubi ini mengandung karbohidrat kompleks, yang terdiri dari serat dan tiga atau lebih molekul gula. Karbohidrat kompleks memberikan lebih banyak nutrisi dibandingkan karbohidrat sederhana yang biasa ditemukan dalam makanan seperti roti putih.

Baca Juga: Dapatkan BB Ideal dengan Konsumsi Menu Diet Cepat Kurus Berikut Ini, Yuk!

Ubi jalar membuat perut terasa kenyang lebih lama karena tingginya kandungan serat, khususnya serat larut.

Serat ini membentuk gel di dalam saluran pencernaan yang membantu memperlambat pencernaan, sehingga Anda merasa kenyang lebih lama dan mengurangi keinginan untuk makan lebih banyak.

Oleh karena itu, makanan kaya serat seperti ubi jalar sangat baik untuk mengontrol berat badan.

Baca Juga: Mengenal Istilah Cheat Day dalam Diet, Simak Juga Tips Melakukannya

Penurunan berat badan terjadi ketika Anda mengonsumsi lebih sedikit kalori daripada yang dibakar oleh tubuh. Karena ubi jalar tinggi serat dan rendah kalori, makanan ini membantu Anda merasa kenyang dengan asupan kalori yang lebih sedikit, sekaligus memberikan energi yang tahan lama.

Melansir dari Healthline, satu studi menemukan bahwa orang yang makan lebih banyak serat selama setidaknya 12 bulan dapat mengalami penurunan berat badan sebesar 5%.

Namun, ubi jalar memiliki rasa manis alami dan indeks glikemik yang cukup tinggi. Ini artinya ubi jalar dapat meningkatkan kadar gula darah dengan cepat. Jadi, bagi penderita diabetes, sebaiknya mengonsumsinya dalam jumlah terbatas.

Baca Juga: 11 Manfaat Jalan Kaki Setiap Hari bagi Kesehatan Tubuh Anda, Apa Saja ya?

Selain ubi jalar, ada beberapa jenis umbi-umbian yang juga bagus untuk diet. Menyadur dari Alodokter, ini daftarnya:

1. Singkong

Makanan ini bisa membuat kita kenyang lebih lama, sehingga cocok untuk mereka yang sedang diet karena dapat mengurangi keinginan makan berlebih.

2. Lobak

Lobak dapat membantu menurunkan kolesterol dan mencegah penyakit jantung. Ini menjadikannya pilihan yang baik bagi kesehatan kardiovaskular.

Baca Juga: 7 Makanan Berserat Tinggi untuk Diet, Bikin Kenyang Lebih Lama!

3. Kentang

Kentang membantu menjaga tekanan darah tetap stabil, mendukung kesehatan jantung, serta mencegah sembelit berkat kandungan seratnya.

4. Bengkoang

Bengkoang dapat meningkatkan kesehatan pencernaan dan juga menjaga kulit tetap sehat karena kandungan serat dan nutrisinya.

Itulah ulasan lengkap terkait jenis ubi yang bagus untuk diet. Ubi jalar menjadi jenis ubi yang terbaik untuk dikonsumsi saat diet menurunkan berat badan. Ini karena tingginya kandungan serat yang membantu Anda kenyang lebih lama.

Baca Juga: 9 Dampak Berbahaya Konsumsi Mie Instan Berlebihan, Cari Tahu di Sini!

Saat menjalani diet, yang paling penting adalah mengontrol asupan kalori, memilih metode memasak yang lebih sehat seperti merebus atau mengukus, menghindari makanan yang digoreng, minum banyak air putih, serta mengurangi minuman manis.

Selain itu, jangan lupa untuk rutin berolahraga dan cukup istirahat agar hasil diet lebih optimal. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Defisit APBN Makin Melebar, Ekonom: Pemerintah Harus Menekan Belanja

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas