Inilah Makanan Pencegah Kanker Usus Besar yang Dapat Anda Konsumsi



MOMSMONEY.ID - Catat pilihannya! Berikut ini adalah beberapa makanan pencegah kanker usus besar yang dapat Anda coba konsumsi. Apa saja ya?

Kanker usus besar atau dikenal juga sebagai kanker kolorektal merupakan salah satu jenis kanker yang sering ditemui. Faktor penyebab kanker usus besar antara lain gaya hidup tidak sehat, genetik, serta kebiasaan makan yang buruk.

Meskipun begitu, beberapa makanan memiliki kandungan nutrisi yang diketahui dapat mencegah perkembangan sel kanker dalam tubuh. Menerapkan pola makan seimbang dan kaya nutrisi bisa menjadi salah satu langkah penting untuk mencegah kanker usus besar.


Baca Juga: Khasiat Tersembunyi Buah Naga untuk Diabetes, Ini Ulasan Lengkapnya!

Bersumber dari laman Health USNews, berikut adalah beberapa jenis makanan pencegah kanker usus besar:

1. Ikan

Mengonsumsi ikan dapat menurunkan risiko kanker usus besar. Menurut penelitian, menambah 50 gram konsumsi ikan setiap hari bisa menurunkan risiko kanker kolorektal hingga 4%.

Ikan kaya akan asam lemak omega-3 dan vitamin D, yang memiliki sifat anti-inflamasi dan pelindung terhadap kanker. Pilihan ikan yang baik meliputi salmon, makarel, mahi-mahi, sarden, dan trout.

2. Artichoke

Artichoke tinggi serat dan mengandung senyawa bernama asam klorogenat, yang menurut penelitian, dapat memperlambat pertumbuhan sel kanker usus besar. Setengah cangkir artichoke yang dimasak memiliki sekitar 7 gram serat.

Baca Juga: Apakah Makan Singkong Bagus untuk Kesehatan Tubuh? Mari Menilik Faktanya di Sini

3. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan kaya akan serat dan protein. Misalnya, satu cangkir kacang hitam mengandung sekitar 15 gram serat, lebih dari separuh kebutuhan serat harian yang direkomendasikan.

Serat membantu melindungi usus besar dengan mempercepat pembuangan limbah dari tubuh.

4. Blueberry

Blueberry kaya akan antioksidan, serat, dan berbagai vitamin yang baik untuk kesehatan. Antioksidan pada blueberry membantu melawan radikal bebas yang dapat merusak sel-sel tubuh.

Cobalah blueberry sebagai camilan, campuran smoothie, atau sajikan dengan yogurt.

Baca Juga: Manfaat Makan Buah Pepaya untuk Penderita Diabates, Cek di Sini

5. Kopi

Minum kopi ternyata dapat menurunkan risiko kematian dini pada penderita kanker kolorektal. Sebuah studi menemukan bahwa pasien kanker kolorektal stadium 1 hingga 3 yang minum setidaknya empat cangkir kopi setiap hari memiliki risiko kematian 52% lebih rendah.

6. Sayuran Silangan

Sayuran seperti brokoli, kubis, dan kembang kol kaya akan glukosinolat, sejenis fitokimia yang memiliki sifat anti-kanker. Selain itu, sayuran ini juga kaya serat dan nutrisi penting lainnya.

Baca Juga: Gula Darah 90 Apakah Normal? Simak Faktanya di Sini, yuk!

7. Biji-bijian Utuh

Biji-bijian utuh seperti beras merah, gandum, dan quinoa tinggi serat dan protein, yang baik untuk usus. Satu cangkir gandum mengandung sekitar 8 gram serat yang mendukung kesehatan pencernaan dan mengurangi risiko kanker usus besar.

8. Pir

Pir merupakan buah tinggi serat yang baik untuk kesehatan usus. Satu buah pir ukuran sedang mengandung hampir 5 gram serat.

Baca Juga: Apa Itu Resistensi Insulin? Kenali Gejala dan Penyebabnya Berikut Ini

9. Kacang dan Biji

Kacang dan biji-bijian seperti almond, kacang kenari, biji bunga matahari, dan biji chia memiliki kandungan serat dan antioksidan yang baik. Mengonsumsi kacang dan biji-bijian tiga kali seminggu telah terbukti dapat menurunkan risiko kanker kolorektal berulang.

10. Lobak Swiss

Sayuran berdaun hijau seperti lobak Swiss adalah pilihan baik untuk menurunkan risiko kanker kolorektal. Lobak Swiss tinggi serat dan kaya akan vitamin K serta nutrisi lainnya yang mendukung kesehatan pencernaan.

Nah, itulah beberapa jenis makanan pencegah kanker usus besar yang dapat Anda coba konsumsi. Semoga bermanfaat, ya.

Selanjutnya: Kemenkominfo Gelar Kampanye Anti Judi Online Lari dari Judol lewat CFD di Kota Malang

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Rezki Wening Hayuningtyas