JAKARTA. Coca-Cola harus menyerahkan posisinya sebagai merek terbaik di dunia kepada Apple. Ini adalah pertama kalinya bagi produsen minuman itu tergeser dari posisi teratas sebagai merek yang paling berharga di dunia. Hal itu merupakan hasil survei dari perusahaan konsultan pemasaran, Interbrand, yang bertajuk "Best Global Brand Report", yang menjaring 100 merek ternama di dunia berdasarkan nilainya. Survei terhadap merek-merek terkenal itu telah dilakukan sejak tahun 2000. Adapun Interbrand merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan konglomerasi periklanan global, Omnicom. “Sebegitu sering, sebuah perusahaan telah mengubah hidup kita. Tidak hanya produk yang dihasilkan, namun juga etosnya. Itulah mengapa, setelah selama 13 tahun Coca-Cola selalu menduduki posisi teratas, saat ini posisi itu digeser oleh Apple," ujar CEO Interbrand, Jez Frampton. Pada tahun ini, Coca-Cola telah turun dua peringkat di bawah Apple dan Google. Pada kali pertama penghargaan ini dihelat pada 2000, Apple masih berada di posisi 36, namun perlahan-lahan posisinya naik. Dalam kesempatan itu, Interbrand juga mewanti-wanti Apple untuk selalu "waspada" terhadap Samsung (yang tahun ini berada di posisi 9), terutama yang berkaitan dengan produksi smartphone. “Untuk menjaga posisi tersebut hingga tahun depan, Apple harus bisa menjaga kinerjanya dan tidak boleh lengah terhadap Samsung," lanjut Interbrand. Berdasarkan lembaga itu, harga merek Apple mencapai 98,31 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.000 triliun) naik 28 persen dari tahun lalu. Sementara itu merek Google ditaksir seharga 93,29 miliar dollar AS (sekitar Rp 960 triliun). Adapun IBM dan Microsoft masing-masing masuk di posisi 4 dan 5 di bawah Coca-Cola. ADapun BlackBerry tak masuk ke dalam daftar merek-merek paling mahal di dunia, dan posisi produsen teepon genggam Nokia anjlok dari nomor 13 pada tahun lalu menjadi 57. Di sisi lain, Facebook naik di posisi 52 dari sebelumnya 69. Berikut adalah 10 teratas brand termahal di dunia dari 100 brand berdasarkan Interbrand: 1. Apple -- 98,31 miliar dollar AS 2. Google -- 93,29 miliar dollar AS 3. Coca-Cola -- 79,21 miliar dollar AS 4. IBM -- 78,8 miliar dollar AS 5. Microsoft -- 59,54 miliar dollar AS 6. GE -- 46,94 miliar dollar AS 7. McDonald's -- 41,99 miliar dollar AS 8. Samsung -- 36,61 miliar dollar AS 9. Intel -- 37,25 miliar dollar AS 10. Toyota -- 35,34 miliar dollar AS (Bambang Priyo Jatmiko/Kompas.com)
Inilah merek perusahaan termahal di dunia
JAKARTA. Coca-Cola harus menyerahkan posisinya sebagai merek terbaik di dunia kepada Apple. Ini adalah pertama kalinya bagi produsen minuman itu tergeser dari posisi teratas sebagai merek yang paling berharga di dunia. Hal itu merupakan hasil survei dari perusahaan konsultan pemasaran, Interbrand, yang bertajuk "Best Global Brand Report", yang menjaring 100 merek ternama di dunia berdasarkan nilainya. Survei terhadap merek-merek terkenal itu telah dilakukan sejak tahun 2000. Adapun Interbrand merupakan perusahaan yang terafiliasi dengan konglomerasi periklanan global, Omnicom. “Sebegitu sering, sebuah perusahaan telah mengubah hidup kita. Tidak hanya produk yang dihasilkan, namun juga etosnya. Itulah mengapa, setelah selama 13 tahun Coca-Cola selalu menduduki posisi teratas, saat ini posisi itu digeser oleh Apple," ujar CEO Interbrand, Jez Frampton. Pada tahun ini, Coca-Cola telah turun dua peringkat di bawah Apple dan Google. Pada kali pertama penghargaan ini dihelat pada 2000, Apple masih berada di posisi 36, namun perlahan-lahan posisinya naik. Dalam kesempatan itu, Interbrand juga mewanti-wanti Apple untuk selalu "waspada" terhadap Samsung (yang tahun ini berada di posisi 9), terutama yang berkaitan dengan produksi smartphone. “Untuk menjaga posisi tersebut hingga tahun depan, Apple harus bisa menjaga kinerjanya dan tidak boleh lengah terhadap Samsung," lanjut Interbrand. Berdasarkan lembaga itu, harga merek Apple mencapai 98,31 miliar dollar AS (sekitar Rp 1.000 triliun) naik 28 persen dari tahun lalu. Sementara itu merek Google ditaksir seharga 93,29 miliar dollar AS (sekitar Rp 960 triliun). Adapun IBM dan Microsoft masing-masing masuk di posisi 4 dan 5 di bawah Coca-Cola. ADapun BlackBerry tak masuk ke dalam daftar merek-merek paling mahal di dunia, dan posisi produsen teepon genggam Nokia anjlok dari nomor 13 pada tahun lalu menjadi 57. Di sisi lain, Facebook naik di posisi 52 dari sebelumnya 69. Berikut adalah 10 teratas brand termahal di dunia dari 100 brand berdasarkan Interbrand: 1. Apple -- 98,31 miliar dollar AS 2. Google -- 93,29 miliar dollar AS 3. Coca-Cola -- 79,21 miliar dollar AS 4. IBM -- 78,8 miliar dollar AS 5. Microsoft -- 59,54 miliar dollar AS 6. GE -- 46,94 miliar dollar AS 7. McDonald's -- 41,99 miliar dollar AS 8. Samsung -- 36,61 miliar dollar AS 9. Intel -- 37,25 miliar dollar AS 10. Toyota -- 35,34 miliar dollar AS (Bambang Priyo Jatmiko/Kompas.com)