MOMSMONEY.ID - Sirclo merilis pola dan tren konsumen saat belanja
online yang bisa Anda simak berikut ini. Seiring berkembangnya tahun, perilaku masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidup pun berubah. Dari yang sebelumnya berbelanja di toko konvensional, kini tren berbelanja
online pun digemari semua lapisan masyarakat. Menurut data internal Sirclo, berikut pola dan tren belanja
online yang perlu diketahui oleh pelaku usaha:
1. Kategori kecantikan dan perawatan diri menjadi primadona Sirclo mencatatkan, terdapat tiga kategori produk yang memiliki jumlah order tertinggi dari tahun-ke-tahun (
year-on-year), yaitu Kecantikan dan Perawatan Diri, Traveling & Hobi, dan Fesyen. Ketertarikan konsumen terhadap produk kecantikan dan perawatan diri disinyalir dengan mudahnya akses terhadap produk-produk tersebut serta maraknya beauty influencer yang terus mengedukasi sektor ini di berbagai platform media sosial. Bahkan, Sirclo juga mencatatkan kategori produk Kecantikan dan Perawatan Diri secara konsisten menempati posisi tiga teratas di pertumbuhan jumlah order pada platform
live commerce sejak awal 2023 dan festival Harbolnas 12.12 berdasarkan data dari tahun-ke-tahun. Baca Juga:
Jelang Ramadhan Tingkat Belanja Masyarakat Naik, Benarkah? 2. Antusiasme konsumen berbelanja pada kampanye double day festival Sirclo membagikan momentum belanja
online yang paling digemari para konsumen, yaitu
double day festival atau festival tanggal kembar yang dimulai dari 9.9 dan puncaknya pada 12.12 dengan catatan pertumbuhan pesanan rata-rata sebesar 21% dari tahun-ke-tahun. Selain
double day festival, konsumen juga gemar berbelanja saat ulang tahun berbagai
marketplace, pay day, dan
end of season sale (EOSS). Peningkatan penjualan ini didorong oleh beberapa insentif, di antaranya diskon dan harga spesial, produk yang dijual secara terbatas (
limited edition),
loyalty program eksklusif, hingga ketakutan dari para konsumen untuk ketinggalan tren. 3. Konsumen berbelanja di e-commerce selepas pulang bekerja Pola waktu belanja
online juga menjadi referensi penting bagi para
brands untuk memaksimalkan strategi berjualannya. Menurut data internal Sirclo, waktu puncak berbelanja terjadi pada pukul 20.00 WIB saat konsumen melepas penatnya sepulang bekerja atau menyelesaikan aktivitas harian.
Namun, pola belanja konsumen berdasarkan gender dan kategori produk pilihan patut diperhatikan, dimulai dari pukul 10.00 WIB hingga 12.00 WIB yang menandai puncak transaksi untuk kategori yang lebih diminati pria. Seperti F&B, Home Living, Elektronik, Perawatan Rumah, dan Travelling & Hobi. Di sisi lain, pukul 20.00 hingga 00.00 mendominasi transaksi untuk produk yang cenderung dibeli oleh perempuan, para termasuk ibu, seperti kategori Mom & Baby, Kecantikan dan Perawatan Diri, Kesehatan, dan Fesyen. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Jane Aprilyani