InJourney Airports Telah Memulai Layanan Kepulangan Jemaah Haji



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Angkasa Pura Indonesia (InJourney Airports) telah memulai layanan kepulangan para jemaah haji lewat 13 bandara yang dikelolanya dalam Angkutan Haji 2024. 

Jadwal penerbangan kepulangan atau debarkasi ini dimulai pada Sabtu (22/6) dan akan berlangsung hingga Senin (22/7) mendatang.

Kepulangan jemaah haji dimulai dari Bandara Hang Nadim Batam, di mana penerbangan pertama yang mengangkut 448 jemaah haji dari kloter 1 Batam mendarat pada Sabtu (22/6) sore pukul 17.40 WIB.


Baca Juga: AP1 Catatkan 1 Juta Pergerakan Penumpang Selama Libur Idul Adha 2024

"Sejak Sabtu (22/6) kemarin, InJourney Airports telah mulai melayani penerbangan yang mengangkut para jemaah haji kembali ke Tanah Air. Alhamdulillah, pelayanan penerbangan berjalan dengan lancar. Mewakili Manajemen, kami mengucapkan selamat datang kembali kepada para jemaah haji di Tanah Air," ujar Direktur Utama InJourney Airports, Faik Fahmi, Senin (24/6).

Faik Fahmi menambahkan bahwa InJourney Airports melalui 13 bandaranya telah memastikan kesiapan bandara, terutama terkait infrastruktur, prosedur operasional, serta pelayanan jemaah haji setibanya di bandara. Mereka juga terus berkoordinasi dengan berbagai instansi terkait untuk memastikan kepulangan jemaah haji berjalan dengan lancar, aman, dan nyaman.

Pada periode debarkasi ini, Bandara Soekarno-Hatta Tangerang akan melayani kepulangan jemaah haji terbanyak, yaitu sebanyak 53.703 jemaah dalam 128 kloter. Debarkasi di Bandara Soekarno-Hatta dimulai pada 22 Juni dan dijadwalkan berakhir pada 21 Juli.

Untuk bandara lain yang mulai melayani kepulangan jemaah haji pada 22 Juni adalah Bandara Juanda Surabaya dengan 106 kloter, Bandara Hang Nadim Batam dengan 28 kloter, dan Bandara Zainuddin Abdul Madjid Lombok dengan 13 kloter.

Baca Juga: Sambut Liburan Sekolah, Hotel Indonesia Group (HIG) Tebar Diskon Menginap hingga 25%

Pada 23 Juni, Bandara Adi Soemarmo Solo dengan 100 kloter, Bandara Sultan Hasanuddin Makassar dengan 46 kloter, Bandara Kertajati Majalengka dengan 30 kloter, Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II Palembang dengan 19 kloter, dan Bandara Syamsudin Noor Banjarmasin dengan 19 kloter mulai melayani kepulangan jemaah haji.

Bandara Minangkabau Padang (17 kloter) dan Bandara Kualanamu Medan (25 kloter) akan melayani kepulangan jemaah haji secara bertahap mulai 24 Juni, serta Bandara SAMS Sepinggan Balikpapan akan melayani 19 kloter mulai 25 Juni.

Terakhir, Bandara Sultan Iskandar Muda Banda Aceh akan melayani kepulangan 12 kloter jemaah haji yang dimulai pada 10 Juli mendatang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Handoyo .