KONTAN.CO.ID - Serius Pangan Nusantara merupakan salah satu UMKM unggulan yang berhasil berkembang di industri kopi Indonesia. Banyaknya kompetitor tidak mengendurkan semangat mereka dalam mengembangkan usaha kopi. Pasang surut mereka rasakan, terutama saat pandemi COVID-19 lalu yang membawa tantangan besar yang mengubah kebiasaan konsumsi kopi masyarakat. Di kala itu, Elfira dan suaminya melihat peluang dalam bisnis
roaster coffee, sehingga mereka beralih fokus dan mulai menjual produk secara
online melalui
e-commerce dan media sosial. “Awalnya kami fokus pada bisnis
coffee shop, namun saat pandemi, permintaan berubah. Kami melihat peluang di bisnis
roaster coffee dan mulai menjual produk kami secara
online,” ujar Elfira.
Dengan mempertahankan kualitas dan inovasi, Serius Pangan Nusantara terus menarik perhatian pelanggan. Seiring berjalannya waktu, peluang bisnis kian lebar dengan kebiasaan baru masyarakat,
ngopi di kedai atau
coffee shop. Perluasan pasar juga Elfira lakukan dengan ikut dalam berbagai pameran untuk memperkenalkan produk lebih luas. Dengan bertemu langsung dengan pelanggan, Serius Pangan Nusantara dapat membangun
brand awareness dan meningkatkan kepercayaan terhadap produknya. Salah satu ajang yang memberikan dampak besar bagi perkembangan bisnisnya adalah BRI UMKM EXPO(RT) 2025. Dengan mengikuti
event ini, Serius Pangan Nusantara mendapatkan kesempatan lebih luas untuk memperkenalkan produknya kepada calon pelanggan dan mitra bisnis potensial.
“Di sini kami bisa bertemu langsung dengan banyak orang, calon pelanggan bisa merasakan pengalaman secara langsung, berbeda jika hanya berjualan
online,” tambahnya. Selain itu, ajang pameran dan pertemuan dengan sesama pelaku usaha menjadi peluang untuk berbagi pengalaman serta membuka pintu bagi kolaborasi baru. Kesempatan ini menjadi dorongan bagi Serius Pangan Nusantara untuk terus berinovasi dan meningkatkan kualitas produknya. Dengan semangat inovasi dan ketekunan, Serius Pangan Nusantara terus menunjukkan eksistensinya di industri kopi Indonesia. Tidak hanya berfokus pada penjualan produk, Elfira juga melihat pentingnya membangun hubungan dengan distributor dan investor potensial untuk memperluas jangkauan bisnisnya. “Dengan semakin berkembangnya usaha ini, kami semakin termotivasi untuk terus menghadirkan produk berkualitas dan memperluas jaringan pasar,” kata Elfira. Elfira berharap agar semakin banyak UMKM seperti Serius Pangan Nusantara yang bisa terus berkembang dan bersaing di pasar yang lebih luas. Kisah suksesnya menjadi inspirasi bahwa dengan inovasi, ketekunan, dan strategi yang tepat, UMKM Indonesia dapat tumbuh dan menjadi pemain utama di industrinya.
Pada kesempatan terpisah,
Corporate Secretary BRI Agustya Hendy Bernadi mengungkapkan bahwa langkah ini merupakan bagian dari strategi berkelanjutan kami dalam mendorong UMKM Indonesia menjadi pemain global. "Kisah sukses dari Serius Pangan Nusantara merupakan bentuk dukungan nyata BRI untuk mendorong pengusaha UMKM
go global yang diharapkan dapat mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui ekspor produk lokal," ujar Hendy. Hendy menuturkan, gelaran BRI UMKM EXPO(RT) 2025 menjadi salah satu wujud komitmen BRI dalam mendorong lebih banyak UMKM binaan BRI untuk
go international. Sebagai informasi, acara yang berlangsung pada 30 Januari-2 Februari 2025 di ICE BSD City itu sukses dihadiri oleh lebih dari 69 ribu pengunjung, mencatatkan transaksi lebih dari Rp40 miliar dan realisasi kontrak ekspor mencapai US$90,6 juta atau sekitar Rp1,5 triliun. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News