Inovasi BTN Mobile Dorong Nasabah Simpan Dananya Lebih Besar



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Upaya PT Bank Tabungan Negara Tbk (BTN) terus berinovasi terhadap BTN Mobile kian membuahkan hasil. Setidaknya, aplikasi tersebut kini membuat nasabah BTN menyimpan dananya di bank tersebut.

Ini tercermin dari rata-rata nilai saldo pengguna BTN Mobile yang ternyata lebih tinggi jika dibandingkan dengan nasabah yang belum menggunakan aplikasi tersebut. 

Para pengguna BTN Mobile rata-rata memiliki saldo rekening sebesar Rp 8,4 juta. Angka tersebut lebih tinggi sekitar 3,6 kali dibandingkan saldo nasabah yang belum menggunakan BTN Mobile yaitu sekitar Rp 2,3 juta. 


Adapun, BTN Mobile sendiri telah berhasil menggaet 1,6 juta pengguna hingga semester I-2024. Jika digabung dengan pengguna versi lama, maka totalnya mencapai 3 juta.

Thomas Wahyudi, SEVP Digital Business BTN bilang kinerja positif tersebut semakin memperkuat misi BTN untuk mengintegrasikan seluruh aplikasi digital banking-nya menjadi sebuah “SuperPower Apps” pada akhir tahun ini. 

Baca Juga: BTN Bukukan Laba Bersih Senilai Rp 1,5 Triliun Pada Semester I-2024

Seperti diletahui, BTN masih memiliki beberapa aplikasi digital dengan fungsi dan tujuannya masing-masing, di antaranya yaitu BTN Mobile, BTN Properti, BTN Merchant, BTN Smart Residence, Agen BTN, dan BTN Internet Banking Business.

“Tujuan BTN pada akhir 2024 yakni menargetkan integrasi semua platform digital menjadi sebuah platform SuperPower Apps,” ujar Thomas dalam keterangan resminya, Minggu (28/7).

Thomas menjelaskan, dalam rangka meningkatkan customer experience untuk aplikasi integratif tersebut, perseroan akan memperkenalkan konsep baru mengenai Loyalty Engine, Chatbot atau Virtual Assistant berbasis kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence (AI). 

Selain itu, Thomas menyebutkan, perseroan juga akan mengoptimalkan database pengguna seluruh platform digitalnya dengan teknologi AI dan Machine Learning, sehingga program promo yang ditawarkan akan lebih dipersonalisasikan sesuai kebutuhan nasabah. 

“BTN juga akan memperluas basis nasabah melalui SuperPower Apps-nya dengan menarik orang Indonesia di luar negeri serta Warga Negara Asing yang tinggal di Indonesia,” ujarnya.

 
BBTN Chart by TradingView

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Anna Suci Perwitasari