KONTAN.CO.ID - Hangzhou. Festival Belanja Global 11.11 akan jadi hari spesial bagi seluruh konsumen di seluruh dunia. Berbagai inovasi dan fitur baru akan diluncurkan Alibaba Group Holding Limited untuk memenuhi kebutuhan tren pelanggan yang terus berubah. Chris Tung, Chief Marketing Officer Alibaba Group, menjelaskan inovasi digital menjadi kian penting dalam membantu
brand dan juga konsumen yang terlibat dalam program festival belanja 11.11. Baik itu di China dan juga luar negeri. "Akan ada debut produk di platform Taobao dan Tmall, dengan lebih dari 2.600 merek luar negeri baru, lebih dari dua juta produk baru, dan 250.000 merek diperkenalkan ke Festival untuk pertama kalinya tahun ini," jelas Chris dalam
press conference virtual, Kamis (29/10).
Hampir 200
brand premium, seperti Chanel, Dior, dan Net-A-Porter, akan berpartisipasi pada 11.11 tahun ini. Banyak
brand mewah ternama lainnya akan berpartisipasi di 11.11 untuk pertama kalinya tahun ini, seperti Prada, Cartier, Montblanc, Piaget, Balenciaga, Vacheron Constantin, dan Chloé. Tak hanya merk premium, akan ada rangkaian penawaran untuk konsumen pada kategori yang umumnya tidak tersedia di e-Commerce, seperti apartemen, otomotif, dan tanaman penghias rumah. Tidak hanya akan fokus pada produk fisik, sejumlah penawaran pengalaman atau
experience juga hadir tahun ini, termasuk
dining, perawatan kecantikan, perjalanan, hiburan, dan layanan rumah. Bagi banyak
brand, 11.11 adalah satu-satunya pendorong utama terbesar setiap tahunnya, tidak terkecuali tahun ini. Perhelatan tahunan ini akan terus mendukung para
merchant dengan inovasi baru,
consumer insight yang berharga, dan teknologi andal untuk memenuhi misi 11.11 saat pertama kali dicetuskan 12 tahun yang lalu. Sebanyak 800 juta konsumen diperkirakan akan berpartisipasi pada 11.11 tahun ini. Lebih dari 2 juta produk baru juga terjadwal untuk melangsungkan debutnya di Tmall untuk 11.11. Fitur Live Streaming dan Logistik jadi Kunci
Live streaming diperkirakan akan menjadi pusat perhatian pada Festival Belanja 11.11 tahun ini. Di samping sesi
live streaming yang dipimpin oleh berbagai
live streamer terkemuka, 400 eksekutif perusahaan dan 300 selebriti, sesi
live streaming individual juga akan diadakan. Taobao Live akan menawarkan berbagai jenis sesi mulai dari kosmetik, elektronik, mobil, dan properti. Fitur baru seperti
viewing properti online dan virtual
test drive akan menghadirkan pengalaman yang lebih realistis dan imersif dalam membantu pembeli mengambil keputusan mereka. DAMO Academy Alibaba akan menggunakan teknologi
artificial intelligence untuk meluncurkan
live streaming host virtual pertamanya, sementara Fliggy akan memimpin
live streaming terkait travel. Tak hanya itu Festival Belanja tahun ini akan menyajikan kehadiran internasional terbesar sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2009. AliExpress kini telah beroperasi di 200 negara dan area di dunia. Lazada menjadi yang pertama untuk membawa konsep festival belanja di enam negara Asia Tenggara yakni Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam. Teknologi dan infrastruktur logistik Alibaba yang kokoh adalah tulang belakang dari Festival Belanja 11.11. Dimana Cainiao akan menjalankan sekitar 700 penerbangan saat 11.11, dan lebih dari 50% pengiriman lintas batas tahun ini diperkirakan akan sampai dua kali lebih cepat daripada durasi pengiriman biasanya. Selain itu, untuk memenuhi jangkauan internasional yang lebih luas,
platform e-Commerce lintas batas Kaola akan bergabung di 11.11 untuk pertama kalinya, dengan produk dari 89 negara dan market. Jiang Fan, President of Taobao and Tmall menambahkan pandemi ini secara fundamental telah mengubah preferensi belanja para pembeli dan mempercepat transformasi digital berbagai bisnis. Oleh karena itu, pihaknya pun berkomitmen untuk senantiasa memberdayakan para
merchant dalam memanfaatkan peluang dan memicu pertumbuhan melalui ide dan inisiatif baru di tahun yang penuh tantangan ini.
"Melalui ekspansi ‘
single’ menjadi ‘
double’ kami, Festival Belanja Global 11.11 akan menawarkan berbagai peluang bagi para
merchant online dan offline untuk dapat menjangkau pembeli serta menghadirkan pengalaman belanja yang lebih baik bagi para konsumen,” jelas Jiang Fan. Festival Belanja tahun ini memperluas konsep “
single” menjadi “
double”, yakni untuk memberdayakan para
merchant agar dapat menggandakan jangkauan promosi produk mereka kepada konsumen di penjuru Tiongkok, tidak hanya sekali, namun dua kali. Festival Belanja tahun ini akan menghadirkan periode belanja tambahan selama 1-3 November, sebelum acara utama tanggal 11 November, yang bertujuan untuk memberikan kesempatan bagi para
merchant, terutama
brand baru dan usaha kecil, untuk memamerkan produk mereka dan berbagi cerita mengenai
brand mereka saat pandemi. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Ridwal Prima Gozal