Inspirasi IKEA Ciptakan Tidur Berkualitas untuk Hadapi Rutinitas



KONTAN.CO.ID - Rutinitas tidur adalah kegiatan yang penuh esensi – sangat penting bagi tubuh, sama halnya dengan makan, minum dan bernafas. Bahkan, tidur berkualitas akan membantu kita untuk memulihkan mental dan fisik yang terkuras.

Tidur malam yang nyenyak memang sangatlah penting untuk menjaga kesehatan. Hal ini karena mempengaruhi kinerja fisik dan mental saat kita beraktivitas sehari-hari. Tidak dapat disangkal bahwa kualitas tidur sama pentingnya dengan mengonsumsi makanan seimbang dan berolahraga. Oleh karena itu, penting bagi masyarakat untuk memahami cara mendapatkan tidur yang berkualitas.

“Umumnya, rata-rata orang dewasa membutuhkan 7 hingga 9 jam tidur setiap malamnya. Kurang tidur berdampak buruk secara mental dan fisik, mulai dari kurangnya fokus hingga perubahan suasana hati, dan menimbulkan risiko masalah kesehatan lainnya. Maka dari itu, penting sekali untuk menjaga kualitas tidur untuk kualitas hidup yang lebih baik,” jelas dr. Daniel T. Suryadisastra, Sp.N, FIN, RPSGT,  dokter spesialis saraf dan gangguan tidur RS EMC Alam Sutera.


Pada kenyataan bahwa banyak orang masih berjuang untuk mencapai kualitas istirahat yang baik, meskipun pentingnya tidur sudah diakui secara luas.  Laporan IKEA Life at Home mengungkapkan bahwa 55% orang menilai tidur sebagai aktivitas penting di rumah. Namun, banyak penelitian menunjukkan bahwa sebanyak 1 dari 2 orang dewasa melaporkan ketidakpuasan dengan tidur mereka, yang mempengaruhi fungsi sehari-hari dan kinerja kerja.

Oleh karena itu, dalam rangka mengatasi permasalahan tidur, IKEA Indonesia mengadakan talk show bertajuk “Bangun Lelapmu”, dimana IKEA berkesempatan berbagi tips-tips praktis seputar beragam solusi tidur untuk meningkatkan kualitas hidup bagi banyak orang.

“Ketertarikan pelanggan kami terhadap tidur telah meningkat selama bertahun-tahun. Pelanggan menginginkan IKEA lebih banyak menyediakan solusi tidur, serta memberi kemudahan dalam mewujudkan suasana tidur impian mereka. IKEA mengadakan kampanye “Bangun Lelapmu” yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat terkait pentingnya tidur yang lelap sehingga dapat membantu meningkatkan kualitas istirahat dan kehidupan sehari-hari,” ujar Ririn Basuki, Communication & PR Manager IKEA Indonesia.

6 Tips untuk Tidur Berkualitas dengan Solusi Tidur IKEA

Kamar tidur adalah tentang Anda. Di sinilah tempat bersantai dan beristirahat, sehingga Anda perlu memastikan penataan dan perabot yang dipilih sudah sesuai dengan kebutuhan.

Kamar tidur yang gelap, sejuk, dan tenang merupakan awal yang baik. Namun untuk meningkatkan kenyamanan, memilih bahan yang tepat, dan menciptakan kembali suasana yang sesuai juga akan dapat membantu Anda mendapatkan tidur yang lelap.

“Di IKEA, kami percaya bahwa tidur yang baik memerlukan pendekatan holistik terhadap lingkungan tidur. Berdasarkan inovasi dan pengembangan selama puluhan tahun di segmen tidur, IKEA memiliki sejarah panjang dalam menciptakan solusi yang dirancang dengan baik, fungsional, dan tahan lama dengan harga yang terjangkau,” jelas Rudy Sanjaya, Sales Core Area Manager IKEA Indonesia.

Solusi tidur “Bangun Lelapmu” mencakup enam langkah mudah untuk meningkatkan kualitas tidur: kenyamanan, suara, cahaya, udara, suhu, dan solusi penyimpanan.

1. Kenyamanan

Langkah besar pertama menuju tidur malam yang nyenyak adalah mencapai kenyamanan optimal dengan pilihan kasur, bantal, dan selimut yang tepat. Kasur yang tepat akan mendukung Anda dan ini terbukti bermanfaat dalam jangka panjang bagi kesehatan. Anda akan bisa mendapatkan hasil maksimal dari waktu tidur Anda dengan menggunakan set bantal dan selimut yang tepat, sesuai dengan kebutuhan Anda.

2. Suhu Ruangan

Faktor berikutnya yang perlu dipertimbangkan adalah suhu ruangan kamar tidur. Ingatlah untuk menyetel pendingin ruangan atau kipas angin pada suhu yang tepat dan jaga kenyamanan diri Anda dengan memilih duvet atau selimut yang tepat. Sebagian besar orang tidur lebih nyenyak di lingkungan yang lebih dingin, sementara suhu ruangan optimal adalah antara 18 hingga 20 derajat Celcius.

3. Pencahayaan

Kamar tidur yang lebih gelap sangat ideal untuk tidur malam yang nyenyak, karena mengurangi gangguan di sekitar Anda. Pertimbangkan solusi seperti lampu yang dapat diredupkan, lampu meja, atau bahkan tirai anti tembus pandang untuk menjauhkan sinar matahari pagi. Pilih lampu yang mudah dijangkau dengan tangan dari tempat tidur karena dengan membatasi gerakan sebelum Anda tidur, dapat membantu Anda lebih mudah tertidur.

4. Suara

Semakin tenang ruangan, maka semakin baik kualitas tidur Anda. Solusi sederhana seperti peredam suara, dapat membantu meminimalkan kebisingan, terutama jika Anda mudah terbangun.

5. Kualitas udara

Secara tidak langsung, kualitas udara yang tidak sehat di rumah dapat mempengaruhi kualitas tidur kita. Salah satu solusi yang bisa dilakukan adalah dengan mempercantik kamar tidur dengan alat pembersih udara untuk menyaring udara di dalam kamar. Pastikan kamar tidur Anda memiliki ventilasi yang cukup untuk menjaga kualitas udara di dalam ruangan.

6. Suasana Kamar Tidur yang Rapi dan Tertata

Kamar yang rapi dan tertata memiliki banyak manfaat. Selain lebih mudah dibersihkan, kamar yang rapi juga dapat mengurangi stres. Solusi penyimpanan seperti kotak dengan sekat untuk mengatur barang-barang kecil dapat membuat suasana kamar menjadi lebih rapi. Bisa juga menggunakan rak kecil LACK di sudut samping tempat tidur Anda untuk menyimpan barang-barang penting seperti kacamata, ponsel dan buku.

Ruang Pameran Interaktif IKEA untuk Inspirasi dan Solusi Tidur yang Tepat

Dalam rangka mendukung kebiasaan tidur yang lebih baik, IKEA menyediakan ruang pameran interaktif di toko IKEA, dimana pengunjung dapat mencoba secara langsung perabot solusi tidur IKEA.

Ruang pameran “Bangun Lelapmu” berfokus pada penyediaan pendekatan holistik terhadap tidur. Tidak hanya memperhatikan kasur dan bantal mana yang terbaik untuk Anda, tetapi juga elemen sensorik seperti pencahayaan, air purifier atau pemurni udara, dan penyimpanan untuk memenuhi semua kebutuhan gaya hidup Anda.

“Tidur yang berkualitas bermanfaat bagi semua orang. IKEA percaya bahwa dengan memprioritaskannya, kita benar-benar dapat membuat dampak positif mengenai kebiasaan tidur. IKEA berharap dengan adanya kampanye ini, pelanggan dapat menemukan solusi tidur yang tepat dan sesuai dengan preferensi mereka,” tutup Ririn.

Produk dan solusi untuk mendukung tidur yang lebih berkualitas dapat ditemui di semua toko IKEA di seluruh Indonesia.

Baca Juga: IKEA Berkolaborasi dengan Jotun Indonesia dalam Talkshow di Lancar Paint Expo 2024

Selanjutnya: Meski Suku Bunga Mulai Turun, NIM Perbankan Belum Akan Terdampak Tahun Ini

Menarik Dibaca: Peringatan Dini Cuaca Besok (20/9) Hujan Deras, Waspada Bencana di Provinsi Berikut

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti
TAG: