Instagram Lite meluncur, lebih hemat data dan ringan



KONTAN.CO.ID - Facebook baru saja merilis Instagram Lite. Memiliki fungsi yang sama dengan Instagram pada umumnya, versi Lite ini lebih ringan dan hemat data. Mau coba?

Instagram, aplikasi besutan Facebook ini begitu digemari masyarakat di seluruh dunia. Dengan Instagram, pengguna bisa untuk berbagi foto maupun video hingga stories melalui fitur yang tersedia.

Selain itu, Instagram juga bisa digunakan untuk live streaming, berbagi momen dan konten menarik kepada para follower.

Meskipun demikian, tidak semua orang bisa mendapatkan pengalaman terbaik ketika menggunakan Instagram. Terlebih, mereka yang menggunakan smartphone dengan spek pas-pasan, ditambah jaringan internet yang sulit dijangkau.

Oleh karena itu, Instagram Lite hadir bagi pengguna smartphone dengan spek dan koneksi internet pas-pasan, namun tetap ingin eksis di dunia maya.

Ya, tidak jarang orang yang memiliki smartphone dengan spesifikias pas-pasan dan tinggal di daerah yang sulit terhubung dengan jaringan internet.

Mengutip dari rilis resmi Facebook, Instagram Lite dibuat setahun terakhir di kantor Facebook Inc. yang terletak di Tel Aviv, Israel. Mereka juga bekerjasama dengan tim yang berbasis di New York, termasuk Instagram engineering, produk, desain dan penelitian.

"Aplikasi baru untuk Android ini dirancang untuk memberikan pengalaman Instagram berkualitas tinggi kepada orang-orang yang tinggal di pedesaan terpencil dengan menggunakan data minimal," ujar Lourie dan tim yang mengembangkan Instagram Lite.

Baca Juga: Penelitian mengungkap bahwa Instagram sengaja mendorong misinformasi kepada pengguna

Karena aplikasi tersebut begitu ringan, Instagram Lite hanya membutuhkan ruang penyimpanan 2MB saja ketika diunduh di Play Store. Ukuran tersebut jauh lebih kecil dari Instagram versi biasa yang mendekati 30 MB. 

Meskipun demikian, ada beberapa fitur yang dipangkas supaya Instagram Lite benar-benar ringan. Hal tersebut bertujuan untuk menyesuaikan pasar smartphone yang dituju serta minimnya kecepatan internet.

Beberapa fitur yang dipangkas yakni transisi kubus, AR (Augmented Reality) filter yang bisa dikenakan di wajah. Namun demikian, Instagram Lite masih menyimpan fitur seperti stiker dan GIF. 

Walaupun beberapa fitur telah dipangkas guna meminimalisir penggunaan data dan memori penyimpanan, ada user yang ingin fitur lainnya tetap ada. Salah satunya seperti fitur "dark mode" yang saat ini banyak digunakan di aplikasi yang ada di smartphone.

Instagram Lite telah rilis dan tersedia di lebih dari 170 negara di dunia. Meskipun demikian, mereka juga sedang mengusahakan untuk merilisnya secara global.

Selanjutnya: Dikabarkan hentikan dukungan ke iPhone lama, inilah penjelasan resmi WhatsApp