Instagram Rilis Akun Khusus Remaja & Cara Aktifkan, Bisa Diawasi Orangtua



MOMSMONEY.ID - Instagram merilis akun khusus remaja. Akun ini memberikan akses untuk para orangtua mengontrol perilaku anak mereka di Instagram. 

Melansir Life Style Asia, anak-anak dan remaja lebih bisa terkontrol saat mengakses instagram dengan akun khusus remaja. 

Setelah menghadapi kecaman karena tidak menjamin keamanan yang memadai bagi pengguna di bawah umur, Instagram fokus pada peningkatan keamanan bagi semua orang yang berusia di bawah 18 tahun. 


Baca Juga: Cara Memutuskan Tautan Akun Instagram dengan Facebook agar Tidak Terhubung

Perilisan akun khusus remaja Instagram ini diumumkan oleh Adam Mosseri di Good Morning America. 

Pengguna di bawah umur yang sudah menggunakan Instagram atau mendaftar akan secara otomatis ditempatkan ke akun khusus remaja dengan perlindungan bawaan yang memberi orang tua lebih banyak kendali. 

Akun ini bersifat pribadi. Pengguna hanya bisa dikirimi pesan, ditandai serta disebutkan (mention) oleh orang yang sudah mereka ikuti. 

Selain itu, pengguna akun khusus remaja Instagram ini akan mendapatkan peringatan batas waktu. Anak-anak dan remaja akan mendapatkan pemberitahuan yang memberi tahu mereka untuk meninggalkan aplikasi setelah 60 menit setiap harinya. 

Baca Juga: Promo Ace Hardware September 2024 Cashback Rp 990.000, Ini Kode Vouchernya!

Instagram juga akan secara otomatis menempatkan remaja pada pengaturan paling ketat dari konten sensitif termasuk kekerasan di tab search dan Reel.

Selain itu, akun khusus remaja akan mengaktifkan mode sleep mulai pukul 10 malam hingga 7 pagi. Sehingga akan menonaktifkan notifikasi sepanjang malam serta mengirimkan balasan otomatis ke DM Instagram. 

Orangtua, dengan akun khusus remaja ini, akan bisa melihat siapa saja yang telah mengirim pesan kepada anak mereka dalam seminggu terakhir. Namun orangtua tidak akan dapat melihat atau membaca isi pesan. Mereka hanya bisa mendapatkan ikhtisar interaksi anak-anak mereka dan teman-temannya. 

Selain itu, orangtua bisa menetapkan batas waktu harian untuk penggunaan aplikasi atau memilih sepenuhnya memblokir penggunaan di malam hari.

Baca Juga: Bisa Rusak, Jangan Cuci Benda-benda ini Pakai Sabun Cuci Piring

Cara mengaktifkan fitur pengawasan akun khusus remaja di Instagram orang tua

  1. Buka aplikasi Instagram
  2. Pilih ikon garis tiga di kanan atas
  3. Pilih Family Center
  4. Klik Get Started
  5. Pilih akun Instagram anak Anda atau kirim link yang ada kepada anak Anda jika Anda tidak saling mem-follow di Instagram
  6. Lakukan pengaturan yang Anda butuhkan
Demikian informasi mengenai akun khusus remaja di Instagram dan cara mengaktifkannya dari akun orangtua. Semoga informasi ini bermanfaat!

Selanjutnya: PLTGU Jawa 1 Power Salurkan 2.207,63 GWh ke Jaringan 500 kV Sejak Beroperasi

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Benedicta Alvinta