Integrasi seluruh navigasi baru kelar tahun depan



JAKARTA. Pembentukan Perusahaan Umum (Perum) Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia (PPNPI) bakal terwujud pada kuartal I tahun ini. Namun, untuk sistem integrasi navigasi antara PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II baru selesai terintegrasi tahun 2014.

"Dalam satu tahun ini kami mencoba integrasikan semua (navigasi). Saya kira tahun 2014 adalah target lakukan integrasi," kata Bambang Susantono, Wakil Menteri Perhubungan, saat ditemui di Kantor Menteri Koordinator Perekonomian, Jakarta, Rabu (9/1).

Terkait hal itu, Bambang menjelaskan, tidak perlu khawatir terkait selesainya integrasi sistem navigasi. "Navigasi kan cuma soal pelayanan doang," ujarnya. Sebagai informasi, selama sistem navigasi belum selesai diintegrasikan, pelayanan penerbangan menggunakan sistem navigasi dari PT Angkasa Pura I dan PT Angkasa Pura II.


PPNPI ini nantinya akan berfungsi sebagai pengelola layanan navigasi penerbangan yang lebih bisa diandalkan demi meningkatkan keselamatan penerbangan. Perlu diketahui, pembentukan Perum Pelayanan Navigasi tertuang dalam Peraturan Pemerintah Nomor 77/2012 yang diteken Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 13 September 2012 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri