Intel dan Pemerintah AS Kemungkinan Tuntaskan Hibah US$ 8,5 di Tahun Ini



KONTAN.CO.ID – JAKARTA. Intel dan pemerintah AS kemungkinan akan menuntaskan pendanaan langsung senilai US$ 8,5 miliar untuk pembuat chip tersebut sebelum khir tahun 2024. Sekarang prosesnya sedang dalam tahap diskusi lanjutan.

Namun menurut laporan Financial Times, tidak ada jaminan apakah diskusi tersebut akan dirampungkan sebelum akhir tahun. Saat dikonfirmasi, Intel dan Departemen Perdagangan AS tidak segera menanggapi permintaan komentar Reuters.

Sebelumnya pada Maret lalu, Presiden AS Joe Biden memberikan Intel hampir US$ 20 miliar dalam bentuk hibah dan pinjaman untuk meningkatkan produksi chip semikonduktor domestik perusahaan tersebut.


Baca Juga: Intel dalam Pembicaraan untuk Mendapatkan Investasi Hingga US$5 Miliar dari Apollo

Kesepakatan awal adalah untuk hibah senilai US$ 8,5 miliar dan pinjaman hingga US$ 11 miliar untuk Intel di Arizona. Sebagian dana tersebut akan digunakan untuk membangun dua pabrik baru dan memodernisasi pabrik yang sudah ada.

Namun keberhasilan proses hibah ini sangat dipengaruhi oleh aksi korporasi yang kemungkinan diambil Intel. Awal bulan ini, Reuters melaporkan Qualcomm telah mendekati Intel untuk menjajaki kemungkinan akuisisi.

Intel yang pernah menjadi kekuatan dominan dalam pembuatan chip. Namun kemudian menyerahkan keunggulan manufakturnya kepada pesaingnya Taiwan Semiconductor Manufacturing Co (TSMC) dan gagal memproduksi chip yang sangat diinginkan untuk ledakan kecerdasan buatan generatif yang dimanfaatkan oleh Nvidia dan AMD.

Selanjutnya: Mendagri Tita Blak-Blakan Modus Kepala Daerah Akali Data Inflasi BPS

Menarik Dibaca: Cara Memperbaiki Instagram Story Tidak Dapat Diunggah Beserta Penyebabnya

Editor: Putri Werdiningsih