JAKARTA. Proses interkoneksi layanan electronic toll (e-toll) antara Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) masih dalam proses negosiasi. Padahal, penggunaan e-toll bagi bank yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) ini direncanakan bisa terealisasi pada awal tahun depan atau hanya dalam hitungan minggu saja. Namun Rico Usthavia Frans, Executive Vice President Transaction Banking Bank Mandiri menegaskan, tahap awal interkoneksi e-toll Bank Mandiri akan dilakukan di pintu tol Bali. "Saat ini, tol Bali kan masih dalam pengembangan. Kami pun masih dalam diskusi dan negosiasi dengan BNI dan BRI," tutur Rico, Rabu (3/12). Dalam penerapannya, Rico mengatakan, tiap bank tersebut akan menerapkan konsep e-toll dengan kartu e-money masing-masing. Meski begitu, Rico bilang, tidak menutup kemungkinan untuk dilakukannya co-branding kartu seperti yang telah dilakukan Bank Mandiri dengan Bank Bali.
Interkoneksi e-toll masih diproses, BCA tak diajak
JAKARTA. Proses interkoneksi layanan electronic toll (e-toll) antara Bank Mandiri, Bank Negara Indonesia (BNI), dan Bank Rakyat Indonesia (BRI) masih dalam proses negosiasi. Padahal, penggunaan e-toll bagi bank yang tergabung dalam Himpunan Bank-bank Negara (Himbara) ini direncanakan bisa terealisasi pada awal tahun depan atau hanya dalam hitungan minggu saja. Namun Rico Usthavia Frans, Executive Vice President Transaction Banking Bank Mandiri menegaskan, tahap awal interkoneksi e-toll Bank Mandiri akan dilakukan di pintu tol Bali. "Saat ini, tol Bali kan masih dalam pengembangan. Kami pun masih dalam diskusi dan negosiasi dengan BNI dan BRI," tutur Rico, Rabu (3/12). Dalam penerapannya, Rico mengatakan, tiap bank tersebut akan menerapkan konsep e-toll dengan kartu e-money masing-masing. Meski begitu, Rico bilang, tidak menutup kemungkinan untuk dilakukannya co-branding kartu seperti yang telah dilakukan Bank Mandiri dengan Bank Bali.