Intip 10 Fitur iOS 18 yang Menarik dan Terbaru, Semakin Canggih!



MOMSMONEY.ID - Pada iOS 18, Apple menambahkan dan mengubah lebih banyak fitur yang menarik dan terbaru. Terdapat 10 fitur iOS 18 yang menarik dan terbaru.

Fitur iOS 18 ini dapat Anda coba setelah Apple merilis iOS 18 terbaru ini. Diperkirakan, iOS 18 dirilis pada paruh kedua bulan September 2024. 

Sebelum menginstal iOS 18, Anda perlu mengetahui apa saja fitur iOS 18 yang menarik dan terbaru. 


Baca Juga: 7 Fitur Baru iOS 17.2 yang Makin Canggih, Bisa Aktifkan Video Spasial

Berikut ini 10 fitur iOS 18 yang menarik dan terbaru. 

1. Pusat Kontrol

Pusat Kontrol bekerja secara berbeda di iOS 18. Lebih banyak kontrol tersedia, dan kontrol tersebut dikelompokkan di layar. Anda dapat menggunakan berbagai jenis pengaturan dengan menggesek layar ke bawah. Anda juga dapat memilih ukuran dan tata letak kontrol yang berbeda.

Fitur terkait memungkinkan Anda menukar kontrol yang Anda lihat di layar Terkunci. Anda dapat membuang opsi Senter dan Kamera yang biasa untuk opsi yang lebih berguna bagi Anda, seperti Memo Suara atau Kalender.

2. Mode Game

Fitur ini sudah muncul di macOS, tetapi iOS 18 menambahkannya ke Ponsel. Mode Game mengurangi proses latar belakang untuk membantu game berjalan lebih lancar dan bekerja lebih baik dengan pengontrol dan AirPods.

Baca Juga: Intip Fitur Terbaru WhatsApp yang Segera Dirilis, Makin Canggih

3. Kustomisasi Layar Beranda

Untuk pertama kalinya, pengguna iPhone dapat melewati tampilan grid layar penuh dan kaku untuk aplikasi mereka. Tentu saja, ini masih berfungsi pada grid, tetapi aplikasi dapat berada di bagian atas, bawah, atau samping layar tanpa empat baris yang ketat dari atas ke bawah. Layar Beranda juga dapat menyertakan widget.

Opsi keren lainnya memungkinkan Anda mengubah ukuran dan warna ikon aplikasi dan widget.

Selain tata letak layar beranda, pengguna iPhone juga memiliki kontrol lebih besar terhadap aplikasi yang muncul di sana. Folder "Aplikasi Tersembunyi" baru di Perpustakaan Aplikasi akan menyimpan item yang tidak ingin Anda tampilkan, dan folder ini dilindungi kode sandi. 

Anda bahkan dapat mengunci aplikasi yang tidak disembunyikan dengan kode sandi atau Face/Touch ID untuk menjaga keamanannya.

Baca Juga: Fitur iOS yang Belum Dimiliki Android, Apa Saja?

4. Mail

Aplikasi Mail juga menerima perubahan di iOS 18. Pengelompokan pesan akan membuat pemindaian lebih mudah, dan kategori baru seperti Utama, Transaksi, Pembaruan, dan Promosi akan membantu Anda memfilter kotak masuk dan fokus pada pesan yang paling penting.

5. Peta

Peta di iOS 18 menyertakan data topografi dan informasi jalur, serta kemampuan untuk menyesuaikan rute Anda. Aplikasi ini juga menyertakan data jejak untuk taman nasional AS.

6. Pesan

Di iOS 18, tersedia lebih banyak respons "tapback", termasuk kemampuan untuk bereaksi cepat terhadap pesan menggunakan emoji apa pun. Anda juga dapat menata gaya teks dengan huruf tebal, miring, dicoret, dan garis bawah, serta menjadwalkan teks untuk dikirim nanti.

Versi iOS ini juga mendukung perpesanan RCS, artinya Anda tidak akan lagi mengirim video berukuran sangat kecil ke teman Anda melalui ponsel Android. Inovasi besar lainnya adalah Pesan via Satelit, yang memungkinkan Anda berkomunikasi bahkan saat Anda jauh dari jaringan seluler.

Baca Juga: Flipside Instagram Bakal Ditutup? Intip Fitur Menarik Bagi Pengguna

7. Kata Sandi

Aplikasi baru ini akan menyimpan dan mengatur semua kredensial Anda. Ini merupakan evolusi dari Rantai Kunci iCloud, kecuali sebagai aplikasi, akan lebih mudah untuk diakses dan diatur.

8. Foto 

Topik dan carousel baru memungkinkan Anda menemukan gambar lebih cepat dan membuatnya lebih teratur.

9. Safari

Browser web Apple menambahkan Sorotan, yang dengan cepat menunjukkan informasi paling penting. Pembaca juga akan menghasilkan daftar isi dan ringkasan artikel yang sedang Anda baca.

10. Dompet 

Tap to Cash memungkinkan Anda mentransfer Apple Cash antar akun dengan menyatukan dua iPhone. Apple Pay juga memungkinkan Anda mengakses hadiah kartu kredit dan paket cicilan.

Tambahan Apple yang paling dipuji untuk iOS 18 adalah Apple Intelligence, platform berbasis AI yang bekerja dengan Siri dan terintegrasi dengan ChatGPT untuk pembuatan teks dan gambar. Namun, Apple Intelligence hanya tersedia di iPhone 15 Pro dan lebih baru.

Nah itulah beberapa fitur iOS 18 yang menarik dan terbaru. Sudah tidak sabar untuk mencobanya?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria