Intip 10 Negara dengan Jumlah Hari Libur Nasional Terbanyak dalam Setahun



KONTAN.CO.ID - Hari libur nasional pasti eksis di seluruh negara dengan alasan yang beragam, mulai dari agama, budaya, hingga sejarah.

Banyak momen penting di berbagai negara dirayakan atau diperingati dengan meliburkan segala aktivitas.

Beda negara, tentu beda juga jumlah hari libur nasionalnya. Mengutip Insider Monkey, Meksiko dan China ada di antara daftar negara dengan jumlah hari libur nasional paling sedikit di dunia, yaitu hanya 7 sampai 8 hari dalam setahun.


Lalu, negara mana yang memiliki hari libur paling banyak dalam setahun? Berikut adalah daftarnya.

Baca Juga: Daftar 10 Negara dengan Perekonomian Terbaik di Dunia Tahun 2024

10. Liechtenstein - 20 Hari Libur

Negara pertama di daftar ini adalah Liechtenstein yang memiliki 20 hari libur nasional dalam satu tahun. Salah satu hari libur paling dinanti adalah perayaan Hari Nasional pada 15 Agustus, yaitu bertepatan dengan Hari Raya Maria Diangkat ke Surga.

9. Kamboja - 21 Hari Libur

Selanjutnya ada Kamboja yang memiliki 21 hari libur nasional. Salah satu hari terpentingnya adalah Tahun Baru Khmer yang dirayakan dengan pembersihan rumah, permainan, dan persembahan seremonial.

8. Malaysia - 21 Hari Libur

Malaysia juga memiliki 21 hari libur nasional. Keberagaman budaya dan agama membuat Malaysia meliburkan hari perayaan Idul Fitri, Tahun Baru Cina, dan Deepavali.

Baca Juga: 10 Negara dengan Biaya Hidup Termurah: Semua Ada di Afrika

7. India - 21 Hari Libur

India yang kental dengan budaya juga memiliki 21 hari libur nasional. Beberapa yang populer di antaranya adalah Diwali atau festival cahaya, dan Holi atau festival warna.

6. Bangladesh - 22 Hari Libur

Berikutnya ada Bangladesh dengan 22 hari libur nasional dalam setahun. Negara dengan banyak penduduk Islam ini merayakan Idul Fitri dan Idul Adha dengan libur nasional, ibadah, dan pesta besar.

5. Mesir - 22 Hari Libur

Mesir memiliki 22 hari libur nasional yang sangat berkaitan dengan ritual keagamaan. Mulai dari Idul Fitri hingga Natal Koptik, 

4. Sri Lanka - 25 Hari Libur

Sri Lanka memiliki 25 hari libur yang juga banyak berkaitan dengan agama dan budaya. Beberapa di antaranya adalah Vesak Poya yang merayakan kelahiran, pencerahan, dan kematian Buddha, serta Hari Kemerdekaan, yang menandai kebebasan dari kekuasaan Inggris.

Baca Juga: Daftar 10 Negara Termuda di Dunia: Ada Timor Leste, Hingga Sudan Selatan

3. Iran - 26 Hari Libur

Dengan total 26 hari, Iran juga jadi salah satu negara dengan hari libur nasional paling banyak di dunia. Salah satu hari libur paling populer adalah Hari Quds, hari yang didedikasikan sebagai bentuk solidaritas dengan Palestina.

2. Myanmar - 32 Hari Libur

Myanmar memiliki hingga 32 hari libur nasional dalam setahun. Sebagian besar hari libur bersifat tradisional yang berhubungan dengan budaya. Yang paling dinanti adalah Thingyan atau festival air untuk menyambut Tahun Baru Burma dengan menyiram air untuk membersihkan dosa.

1. Nepal - 39 Hari Libur

Negara dengan hari libur terbanyak di dunia adalah Nepal dengan total 39 hari. Salah satu yang paling populer adalah Dashain, festival terpanjang dalam kalender untuk menghormati dewi Durga dengan ritual dan reuni keluarga.

Selanjutnya: Aice Luncurkan Aice Crispy Balls Edisi Terbatas untuk Hormati Atlet Indonesia

Menarik Dibaca: Aice Luncurkan Aice Crispy Balls Edisi Terbatas untuk Hormati Atlet Indonesia