Investasi ORI026 Berikan Kupon Mulai 6,30%, Mudah Belinya Pakai BRImo



KONTAN.CO.ID - Instrumen investasi yang bisa menjadi salah satu pilihan menarik bagi masyarakat adalah Obligasi Ritel (ORI). ORI merupakan salah satu jenis Surat Utang Negara Ritel (SUN Ritel) yang dikeluarkan pemerintah dan dijadikan tabungan investasi serta dijual kepada masyarakat.

Terbaru, pemerintah meluncurkan instrumen Obligasi Negara Ritel (ORI) seri ORI026T3 dengan tenor 3 tahun dan ORI026T6 dengan tenor 6 tahun. Kedua instrumen tersebut menawarkan tingkat kupon sebesar 6,30% dan 6,40%.

Ya, ORI026-T3 dan ORI026-T6 adalah seri terbaru yang ditetapkan oleh pemerintah dan mulai dibuka penawarannya pada 30 September sampai 24 Oktober 2024. Kedua instrumen tersebut pun memiliki karakteristik yang dapat diperdagangkan di pasar sekunder setelah masa holding period selesai.


Fyi, ORI seri ORI026 merupakan ORI kedua yang diterbitkan oleh pemerintah dan biasanya ORI diterbitkan dalam dua tenor atau jangka waktu yaitu 3 tahun dan 6 tahun. Lantas, apa saja keuntungan investasi tersebut?

Keuntungan Investasi ORI026-T3 dan ORI026-T6

Dirangkum dari berbagai sumber, terdapat beberapa keuntungan jika kamu berinvestasi di ORI026-T3 dan ORI026-T6, antara lain:

1. Aman

SBN Ritel memiliki kredibilitas tinggi karena kupon dan pokok dijamin oleh Undang-Undang.

2. Imbal Hasil Menarik

Imbal hasil dari investasi di ORI026 pun menarik. Pasalnya, fixed coupon sampai dengan jatuh tempo dan dibayar tiap bulan, besaran kupon itu pun di atas rata-rata tingkat suku bunga deposito.

3. Mudah Diakses

Selain itu, keuntungan berinvestasi di ORI026 lainnya adalah mudah diakses. Bagaimana tidak? Kamu bisa melakukan pembelian serta penjualan melalui sistem elektronik (online).

4. Terjangkau

Pembelian ORI026 pun terhitung terjangkau karena kamu bisa membeli ORI026 mulai dari Rp1 juta dengan kelipatan Rp1 juta. Selain itu, dengan berinvestasi di ORI026, kamu bisa mendukung pembiayaan pembangunan nasional serta bisa dijaminkan.

ORI026-T3 dan ORI026-T6 Minim Risiko

Risiko Gagal Bayar (Default Risk)

Risiko ini apabila investor tidak dapat memperoleh pembayaran dana yang dijanjikan oleh penerbit pada saat produk investasi jatuh tempo kupon dan pokok.

Ternyata, ORI026-T3 dan ORI026-T6 tidak memiliki risiko gagal bayar mengingat berdasarkan Undang-Undang SUN bahwa negara menjamin pembayaran kupon dan pokok Surat Utang Negara, termasuk ORI026-T3 dan ORI026-T6 sampai dengan jatuh tempo.

Risiko Likuiditas (Liquidity Risk)

Risiko ini terjadi apabila investor tidak dapat melikuidasi produk investasi dalam waktu yang cepat pada harga yang wajar. ORI026-T3 dan ORI026-T6 pun tidak memiliki risiko likuiditas dapat diperdagangkan di pasar sekunder, sehingga investor dapat melakukan penjualan produk ORI sebelum dengan jatuh tempo.

Risiko Tingkat Bunga (Market Risk)

Risiko ini terjadi apabila terjadi perubahan tingkat bunga di pasar yang menyebabkan potensi kerugian bagi investor. ORI026-T3 dan ORI026-T6 tidak memiliki risiko tingkat bunga karena nilai pokok tidak berubah seiring dengan perubahan tingkat bunga di pasar dan tingkat kupon ORI026-T3 dan ORI026-T6 bersifat tetap sampai dengan jatuh tempo.

Dengan kata lain, ORI026-T3 dan ORI026-T6 terhindar dari ketiga risiko yang bisa membuat investasi yang kamu lakukan boncos.

Syarat dan Cara Pemesanan

Nah, jika kamu ingin memesan ORI026-T3 dan ORI026-T6, perlu mengetahui beberapa syarat di bawah ini.

1. Individu atau perseorangan Warga Negara Indonesia yang memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP).

2. Memiliki NPWP, mengacu pada aturan PP 91 Tahun 2021, tentang pajak penghasilan atas penghasilan berupa bunga obligasi yang diterima atau diperoleh wajib pajak dalam negeri dan bentuk usaha tetap akan dikenakan PPh Final sebesar 10% dari total kupon yang di dapat.

3. KTP dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) yang terdaftar di Kementrian Dalam Negeri c.q. Direktorat Jenderal Kependudukan dan Pencatatan Sipil.

Untuk proses pemesanan membeli ORI026T3 dan ORI026T6 dapat dilakukan secara daring melalui empat tahap, yakni registrasi, pemesanan, pembayaran, dan penyelesaian. Pemesanan dilakukan melalui sistem elektronik yang disediakan oleh mitra distribusi yang terhubung dengan sistem e-SBN.

Kamu pun bisa membeli Surat Utang Negara (SUN) ORI026 dengan mudah melalui aplikasi BRImo dari PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) yang menawarkan fitur lengkap untuk menabung dan memantau tabungan.

Dengan BRImo, kamu juga dapat melakukan pembelian SUN ORI026 dengan mudah. So, langsung saja unduh dan gunakan aplikasi BRImo sekarang juga biar kamu bisa mendapatkan keuntungan dari investasi ORI026, ya! Informasi selengkapnya mengenai ORI026 dapat mengunjungi link berikut ini

Selanjutnya: Begini Rekomendasi Saham Metropolitan Land (MTLA) yang Raih Prapenjualan Rp 1,3 T

Menarik Dibaca: Alasan Tanaman Laba-laba Jadi Favorit Kucing Peliharaan di Rumah

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Indah Sulistyorini