Investasi sektor Perikanan Capai Rp 9,5 Triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Investasi sektor perikanan meningkat di tahun lalu. Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono mengungkapkan investasi di sektor kelautan dan perikanan Indonesia hingga kuartal empat 2023 melejit 49,52% menjadi Rp 9,56 triliun.

Khusus investasi dari penanaman modal asing (PMA), realisasi terbesar dari China sebesar Rp 370,74 miliar.

"Disusul Malaysia Rp 240,47 miliar, dan Swiss Rp 152 miliar,” kata Trenggono saat memberi sambutan di acara 'Indonesia Marine and Fisheries Business Forum 2024' Senin (5/2).


Trenggono bilang, berdasarkan bidang usaha dinyatakan pengolahan Ikan menempati urutan pertama investasi yakni mencapai Rp 3,65 triliun.

"Selanjutnya budidaya periksa Rp 2,6 triliun, pemasaran Rp 1,95 triliun, penangkapan ikan Rp 1,18 triliun dan jasa perikanan Rp 186,51 miliar," ujarnya.

Baca Juga: KKP Dorong Eksportir Udang Garap Pasar di Luar AS

Trenggono mengatakan, betapa besarnya sektor kelautan dan perikanan Indonesia menyimpan potensi investasi di bidang perikanan. 

"Sektor kelautan dan perikanan Indonesia adalah sektor yang bisa ditelusuri. Karena itu, saya mengajak para investor masuk ke sektor kelautan dan perikanan Indonesia," imbuhnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat