Investasi sisi darat Bandara Kertajati Rp 2,1 T



JAKARTA. Direktur Utama PT Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Virda Dimas Ekaputra menuturkan total nilai investasi pembangunan sisi darat Bandara Kertajati (bandara utama, aksesibilitas, dan bangunan penunjang lainnya) mencapai Rp 2,116 triliun.

"Ini yang kami tawarkan kepada investor dalam dan luar negeri. Kami akan buat perusahaan patungan untuk membangun fasilitas itu," kata Virda Dimas Ekaputra, disela-sela acara Temu Investor Bandara Internasional Jawa Barat, di Kota Bandung, Kamis (17/12).

Menurut dia, pembangunan sisi darat Bandara Kertajati tersebut akan dibagi menjadi tiga paket pembangunan yakni aksesibilitas sebesar Rp 355 miliar, terminal utama Rp 1,3 triliun dan bangunan penunjang lainnya Rp 460 miliar.


"Jadi ini investasi seluruh proyek nanti akan dibagi dua lagi mana yang modal mana yang pinjamin," kata dia.

Pihaknya menegaskan ingin segera memulai pengerjaan pembangunan sisi darat Bandara Kertajati karena izin untuk mendirikan bangunannya sudah ada tinggal izin penggunaan lahan.

"Izin penggunaan lahan yang mengeluarkan Pemprov Jabar yang kita tunggu dalam bentuk sewa yang pemprov merencakan tanah itu jadi penyertaan modal pemprov ke BIJB," kata dia.

Oleh karena itu, untuk menarik minat investor dalam dan luar negeri dalam pembangunan Bandara Kertajati, pihaknya hari ini melaksanakan temu investor.

Pihaknya menyatakan lebih dari 40 investor dalam dan luar negeri tertarik untuk berinvestasi dalam pembangunan sisi darat Bandara Kertajati (terminal bandara, aksesibilitas dan lain-lain), di Kabupaten Majalengka.

"Ini ada yang hadir (investor luar negeri) diantaranya ada dari Swiss, Kemudian dari Turki, Munich Airport (Jerman), Qatar, kemudian ada India. Selain itu ada juga investor dalam negeri," kata Virda.

Ia menjelaskan alasan pihaknya menggelar acara "Market Sounding" atau temu investor BIJB karena selama ini banyak mitra strategis yang bertanya tentang pembangunan bandara terbesar di Provinsi Jabar tersebut.

"Kita sering ditanya, bagaimana untuk bisa menjadi mitra strategis BIJB, maka mulai hari ini kita secara resmi menginformasikan tender proses. Jadi kita seleksi mitra strategis itu menggunakan tender proses, kenapa tender karena dengan bijb sebagai BUMD untuk bermitra dengan swasta karena ada aset daerah maka kita pilih tender," kata dia.

Ia mengatakan melalui kegiatan tersebut pihaknya juga mengundang para investor dalam dan luar negeri untuk kemudian diseleksi menjadi mitra strategis dalam pembangunan sisi darat Bandara Kertajati.

"Kita undang di sini untuk menginformasikan proses tender dan data-data yang dibutuhkan untuk tender, setelah market sounding maka masuk tahapan pra kualifikasi, yang akan dilaksanakan minggu kedua bulan Januari 2016," ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Havid Vebri