Investor bursa masih amati peta koalisi



JAKARTA. Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) kembali menguat. Selasa (13/5), IHSG ditutup pada level 4.921,39 atau naik 0,17% dari hari sebelumnya. Bursa Asia yang tercermin dalam indeks MSCI Asia Pacifik pun naik 1,1% ke level 139,23 kemarin.

Analis Panin Sekuritas, Purwoko Sartono mengatakan kenaikan IHSG cenderung terbatas. “Sektor tambang dan properti mover IHSG,” katanya. Puwoko menduga sektor properti dan tambang akan kembali mengangkat IHSG hari ini.

Setiawan Effendi, analis Phintraco Securities mengatakan pergerakan IHSG masih dipengaruhi oleh sentimen politik dalam negeri. Menurut Setiawan, investor masih mengamati peta koalisi politik untuk mengusung capres-cawapres yang saat ini semakin jelas. “Sedangkan dari regional dan global masih oke,” katanya.


Analis Bahana Securities, Chandra Wijanarka menambahkan, pasar kini menunggu calon wakil presiden yang diusung PDI-P untuk mendampingi capres Joko Widodo. Pengamatan Chandra, mantan wakil presiden Jusuf Kalla (JK) cenderung diterima pasar untuk mendampingi Jokowi. “Kemarin waktu JK diisukan jadi cawapres Jokowi, pasar ternyata baik-baik saja, mungkin pasar suka,” katanya.

Sementara dari luar, Chandra mengatakan indeks Dow Jones dan Bursa Eropa masih menunjukkan penguatan. Rabu (14/5), Chandra menebak IHSG naik dan bergerak pada kisaran 4.900 – 4.933. Purwoko menduga IHSG akan turun dan bergerak pada rentang 4.900 – 4.940. Sedangkan Setiawan memperkirakan IHSG naik dan bergerak pada kisaran 4.889 – 4.948.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Hendra Gunawan