Investor Masih Betah Berinvestasi di Jakarta



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Kota Jakarta masih menjadi salah satu tujuan investasi utama di Indonesia. Malah berdasarkan data Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM, realisasi investasi Provinsi DKI Jakarta pada triwulan III-2024 menjadi yang tertinggi secara nasional, yakni mencapai Rp71,35 triliun.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) DKI Jakarta, Benni Aguscandra mengatakan, pada triwulan III-2024, realisasi investasi penanaman modal asing (PMA) DKI Jakarta mencapai US$ 2,72 miliar atau setara Rp 40,77 triliun dan menjadi yang tertinggi di Indonesia.

Sementara itu, realisasi investasi penanaman modal dalam negeri (PMDN) DKI Jakarta juga menempati posisi tertinggi di Indonesia, dengan menembus angka Rp30,58 Triliun.


Baca Juga: Realisasi Investasi Kuartal III/2024 Mencapai Rp 431,48 Triliun

Benni menyampaikan, capaian realisasi investasi Jakarta sepanjang periode Januari sampai September 2024 bahkan juga menempati urutan pertama di tingkat nasional, yakni mencapai Rp 191,78 triliun.

“Begitupun dengan periode Januari-September 2024, Jakarta juga berhasil mengungguli daerah lainnya di Indonesia dalam kinerja investasi, dengan capaian realisasi investasi sebesar Rp 191,78 triliun, di mana realisasi PMA sebesar US$ 6,12 miliar atau setara Rp 91,86 triliun dan realisasi investasi PMDN menembus angka Rp 99,92 triliun,” tutur Benni di keterangan Kamis (17/10).

Ia menjelaskan, tingginya angka realisasi investasi di Jakarta tidak terlepas dari arahan Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta, Heru Budi Hartono, agar seluruh jajaran Pemprov DKI Jakarta terus melakukan berbagai inovasi untuk menghadirkan pelayanan publik yang prima kepada masyarakat guna mendorong laju investasi.  

Apalagi Pemprov DKI Jakarta tengah berupaya memperkuat Jakarta sebagai  pusat ekonomi dan bisnis, tak hanya secara nasional melainkan juga di tatanan regional dan global.

Selanjutnya: Hitungan Indef, Program Makan Bergizi Gratis Dorong PDB Rp 4.510 Triliun di 2025

Menarik Dibaca: Apa Saja Jenis Makanan Tinggi Purin? Penderita Asam Urat Hindari Makanan Ini, ya!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Markus Sumartomjon