Investor Memburu Saham Produsen Obat China di Tengah Kebijakan Pelonggaran Covid-19



KONTAN.CO.ID - SHANGHAI. Investor memburu saham produsen obat China, produsen masker, perusahaan uji antigen, dan penyedia layanan pemakaman pada Senin (12 Desember), di tengah kekhawatiran melonjaknya infeksi massal setelah China menjauh dari kebijakan nol-COVID yang ketat minggu lalu.

Produsen pasokan medis dibombardir dengan pertanyaan dari investor tentang kapasitas mereka, setelah pihak berwenang pada hari Rabu mengumumkan pelonggaran dramatis dalam pengujian COVID-19, aturan karantina dan manajemen setelah protes anti-lockdown.

Indeks perawatan kesehatan China naik hampir satu persen pada Senin pagi, meskipun indeks acuan CSI300 turun 0,8 persen.

Lebih dari satu skor stok pembuat obat melonjak, setelah Administrasi Nasional Pengobatan Tradisional China China menerbitkan daftar panjang obat yang direkomendasikan, termasuk obat batuk dan flu, yang dapat digunakan orang untuk mengatasi infeksi di rumah.

Baca Juga: Pembukaan Ekonomi China Bisa Berdampak Positif Terhadap Harga Komoditas Logam

Shijiazhuang Yiling Pharmaceutical, penjual obat flu yang sangat populer, diperdagangkan mendekati rekor tertinggi, melonjak 70 persen sejak akhir Oktober. Jinghua Pharmaceutical Group melonjak maksimal 10 persen.

Investor juga masuk ke pembuat masker, seperti Shandong Dawn Polymer, dan perusahaan pengujian antigen, seperti Wuhan Easy Diagnosis Biomedicine, di tengah laporan infeksi yang meningkat pesat di kota-kota besar, termasuk Beijing dan Chengdu.

Hu Qiang, fund manager di Yunchuang Investment, mengatakan permintaan untuk pengujian antigen baru saja meningkat.

“Orang-orang akan menyadari pentingnya pengujian antigen ketika mereka melihat gelombang besar infeksi datang,” kata Hu, yang berinvestasi di Guangzhou Wondfo Biotech dan Suzhou Novoprotein Scientific.

Editor: Handoyo .