Investor Ritel Jadi Pembeli Obligasi Pemerintah yang Terbesar, Capai Rp 46,6 Triliun



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Mandiri Sekuritas menyampaikan investor ritel terus menjadi pembelian terbesar di pasar sekunder obligasi pemerintah Indonesia (INDOGB). 

Berdasarkan data pasar sekunder INDOGB, investor ritel secara konsisten melaporkan pembelian bersih setiap bulannya yang mencapai Rp46,6 triliun secara year to date (per 25-Sep), atau rata-rata melaporkan pembelian bersih sebanyak Rp 5,3 triliun per bulan di pasar sekunder. 

"Jangan remehkan kekuatan dari investor ritel," tulis Mandiri Sekuritas pada Jumat (27/9). 


Baca Juga: Utang Pemerintah Turun pada Agustus 2024, Kemenkeu Beberkan Penyebabnya

Investor ritel, termasuk pembelian di pasar perdana dan obligasi yang akan jatuh tempo menjadi pembeli bersih terbesar di obligasi pemerintah tahun ini yakni sebesar Rp 82,5 triliun atau 30,2% dari total penerbitan bersih obligasi yang dapat diperdagangkan.  

Dengan demikian, total kepemilikan obligasi pemerintah oleh investor ritel kini mencapai Rp517,8 triliun, setara dengan 8,8% dari total beredar dengan mengecualikan 10,2% program pembagian beban Bank Indonesia. 

Angka ini jauh lebih tinggi dibandingkan 10 tahun lalu, saat kepemilikan ritel hanya sebesar Rp60,5 triliun atau 5% dari total utang pemerintah.

Selanjutnya: Jelang Pelantikan, Anggota DPR Terpilih Ini Dipecat Partai, Siapa Saja?

Menarik Dibaca: Cara Memperbaiki Instagram Story Tidak Dapat Diunggah Beserta Penyebabnya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi