Iran Ajak Brazil Jadi Anggota OPEC



SAO PAULO. Sepertinya, keanggotaan Organization of Petroleum Exporting Countries (OPEC) bakal bertambah. Sebab, Iran mengundang Brazil untuk bergabung dalam organisasi negara penghasil minyak ini.  

Menteri Pertambangan dan Energi Brazil Edison Labao bilang, duta besar Iran untuk Brazil mengungkapkan wacana tersebut dua minggu lalu. Sebagai salah satu negara yang menjadi anggota OPEC, Iran memang dapat memberikan rekomendasi atas masuknya Brazil ke dalam organisasi itu.

Pemerintah Brazil menyambut baik undangan tersebut. Hanya saja, pemerintah bakal mempelajari dulu mengenai hal itu dan menyerahkan keputusannya kepada Badan Kebijakan Energi Nasional Brazil.


Undangan tersebut menyusul ditemukannya sebuah ladang minyak baru di laut dalam Rio de Janeiro. Para analis memprediksi, ladang minyak tersebut memiliki cadangan minyak sebanyak 55 miliar barel dan dapat menjadikan Brazil sebagai salah satu negara superpower pengekspor minyak.

Catatan saja, berdasarkan data terakhir dari Departemen Energi AS, pada 2006 lalu, Brazil menduduki peringkat ke 13 dunia untuk negara terbesar penghasil minyak.

Editor: Barratut Taqiyyah Rafie