Israel Mengepung Gaza Utara, Ada Kekhawatiran Pemindahan Paksa



KONTAN.CO.ID - KAIRO. Pasukan Israel memperketat tekanan mereka di sekitar Jabalia di Gaza utara pada hari Senin (14/10. Serangan menewaskan sedikitnya 10 orang yang sedang mengantre makanan, menurut petugas medis Palestina. Israel memerintahkan orang-orang untuk mengungsi saat mereka maju melawan pejuang Hamas.

Jabalia telah menjadi fokus serangan Israel selama sekitar 10 hari. Militer kini telah mengepung kamp tersebut dan mengirim tank-tank ke kota-kota Beit Lahiya dan Beit Hanoun di dekatnya, dengan tujuan yang dinyatakan untuk membasmi pejuang Hamas yang mencoba berkumpul kembali di sana.

Jabalia adalah rumah bagi salah satu dari delapan kamp pengungsi bersejarah di Jalur Gaza. Saat operasi terus berlanjut, orang-orang di sana terjebak antara tuntutan Israel untuk pindah ke selatan dan seruan Hamas untuk tidak pergi karena terlalu berisiko untuk melakukannya.


"Kami telah diserang dari udara dan darat tanpa henti selama seminggu, mereka ingin kami pergi, mereka ingin menghukum kami karena menolak meninggalkan rumah kami," kata Marwa, 26 tahun, yang pergi bersama keluarganya ke sebuah sekolah di Kota Gaza kepada Reuters.

Marwa menambahkan, orang-orang takut mereka tidak akan pernah bisa kembali jika mereka menuju ke selatan.

Baca Juga: Puluhan Demonstran Pro-Palestina Ditangkap di Luar Bursa Efek New York

Kantor hak asasi manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) mengatakan, militer Israel tampaknya "memisahkan Gaza Utara sepenuhnya dari seluruh Jalur Gaza".

"Pemisahan Gaza Utara menimbulkan kekhawatiran lebih lanjut bahwa Israel tidak bermaksud mengizinkan warga sipil untuk kembali ke rumah mereka, dan seruan berulang kali agar semua warga Palestina meninggalkan Gaza utara menimbulkan kekhawatiran serius tentang pemindahan paksa penduduk sipil dalam skala besar," ungkap PBB dalam sebuah pernyataan.

Pejabat Israel mengatakan, perintah evakuasi ditujukan untuk memisahkan pejuang Hamas dari warga sipil dan membantah adanya rencana sistematis untuk mengusir warga sipil dari Jabalia atau wilayah utara lainnya.

Pada hari Senin, militer Israel mengatakan telah menewaskan kepala unit udara Hamas, Samer Abu Daqqa, yang katanya merupakan salah satu dari mereka yang bertanggung jawab atas penggunaan paralayang oleh orang-orang bersenjata Hamas selama serangan 7 Oktober di Israel.

Namun, operasi tersebut telah menggarisbawahi betapa mustahilnya kehidupan bagi warga sipil Gaza karena pertempuran telah berpindah-pindah di antara berbagai wilayah di daerah kantong itu.

Sepuluh orang tewas dan 40 lainnya luka-luka akibat penembakan tank pada hari Senin di Jabalia, termasuk wanita dan anak-anak, kata petugas medis Palestina. Sementara delapan lainnya tewas dalam insiden terpisah di distrik Sheikh Radwan, Kota Gaza.

Baca Juga: Daftar 5 Negara yang Memiliki Sistem Rudal Berpemandu Terhebat di Muka Bumi

Militer Israel mengatakan insiden itu sedang ditinjau. "IDF mengarahkan serangan dan operasinya hanya terhadap target dan operator teror dan tidak menargetkan objek dan warga sipil," katanya.

PBB menggambarkan kondisi yang mengerikan yang mempengaruhi penduduk sipil yang tersisa di Jabalia. Lebih dari 50.000 orang mengungsi dan sumur air, toko roti, titik medis, dan tempat penampungan ditutup.

Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres pada hari Senin mengutuk tingginya jumlah korban sipil di Gaza utara.

Juru bicara Dewan Keamanan Nasional Gedung Putih mengatakan, Israel memiliki tanggung jawab untuk berbuat lebih banyak guna memastikan warga sipil Palestina tidak terluka oleh serangannya terhadap Hamas.

Dia mengomentari serangan rudal Israel terhadap tenda-tenda di dalam Rumah Sakit Al-Aqsa di kota Deir Al-Balah di Jalur Gaza bagian tengah, yang menewaskan empat orang dan melukai puluhan lainnya. Israel mengatakan serangan itu menargetkan militan Hamas.

Baca Juga: Iran Membuktikan Diri Dapat Tembus Sistem Pertahanan Udara Terhebat di Dunia

Komentar Gedung Putih tersebut tampaknya muncul setelah diunggahnya video di platform media sosial yang memperlihatkan orang-orang Palestina yang tampak terbakar hidup-hidup di tenda-tenda yang dibakar oleh rudal.

"Gambar dan video yang memperlihatkan warga sipil yang tampak terbakar hidup-hidup setelah serangan udara Israel sangat mengganggu dan kami telah menyampaikan kekhawatiran kami kepada pemerintah Israel," kata juru bicara tersebut.

"Israel memiliki tanggung jawab untuk berbuat lebih banyak guna menghindari jatuhnya korban sipil - dan apa yang terjadi di sini sungguh mengerikan, meskipun Hamas beroperasi di dekat rumah sakit tersebut dalam upaya menggunakan warga sipil sebagai tameng manusia," tambah juru bicara tersebut.

Bagian utara Gaza, yang dihuni lebih dari separuh dari 2,3 juta penduduk wilayah tersebut, dibombardir secara besar-besaran pada tahap pertama serangan Israel di wilayah tersebut. Ratusan ribu penduduk meninggalkan rumah mereka setelah adanya perintah evakuasi Israel.

Sekitar 400.000 orang masih bertahan, menurut perkiraan PBB.

Hamas mengatakan, Israel bermaksud menggusur penduduk Gaza utara dengan paksa. "Masyarakat internasional harus bertindak melawan kejahatan perang ini," kata pejabat senior Hamas Sami Abu Zuhri.

Baca Juga: Amerika Kerahkan Tentara dan Sistem Pertahanan Udara Canggih THAAD ke Israel

USULAN MANTAN JENDERAL

Kekhawatiran bahwa Israel bermaksud mengosongkan wilayah utara telah dipicu oleh usulan yang diajukan oleh mantan jenderal Israel. Dia menyerukan agar Gaza utara dibersihkan dari warga sipil dan militan yang tersisa dikepung hingga mereka menyerah.

Militer telah membantah rencana tersebut.

"Kami belum menerima rencana seperti itu," kata juru bicara militer Nadav Shoshani kepada wartawan. "Kami memastikan bahwa kami menyelamatkan warga sipil dari bahaya sementara kami beroperasi melawan sel-sel teror di Jabalia," katanya.

Penulis utama usulan tersebut, Giora Eiland, mengatakan bahwa rencananya dimaksudkan untuk menekan Hamas agar membebaskan sandera dengan mengakhiri kendalinya atas wilayah dan bantuan, daripada mengirim pasukan Israel untuk memerangi para pejuangnya.

"Apa yang mereka lakukan di Jabalia sekarang lebih seperti itu saja," kata Eiland kepada Radio Angkatan Darat pada hari Minggu. "Rencana saya tidak dilaksanakan."

Rencana Israel untuk masa depan Gaza tidak jelas, selain dari tujuan yang dinyatakannya untuk membubarkan Hamas sebagai kekuatan militer dan pemerintahan serta membebaskan para sanderanya.

Israel melancarkan serangan terhadap Hamas setelah serangannya pada 7 Oktober di Israel, yang menewaskan 1.200 orang dan sekitar 250 orang disandera di Gaza, menurut hitungan Israel. Lebih dari 42.000 warga Palestina telah tewas dalam serangan tersebut sejauh ini, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Selanjutnya: Katalog Promo Superindo Weekday Diskon hingga 50% Periode 14-17 Oktober 2024

Menarik Dibaca: Katalog Promo Superindo Weekday Diskon hingga 50% Periode 14-17 Oktober 2024

Editor: Wahyu T.Rahmawati