Israel Meningkatkan Pemboman di Gaza, Tewaskan Puluhan Orang Termasuk Jurnalis Lokal



KONTAN.CO.ID - KAIRO. Pasukan Israel menggempur beberapa area di Jalur Gaza pada Sabtu (20/7), menewaskan setidaknya 30 warga Palestina.

Saat tank-tank Israel bergerak lebih jauh ke bagian barat dan utara Rafah.

Di antara yang tewas adalah jurnalis lokal Mohammad Abu Jasser, istrinya, dan dua anaknya, dalam serangan Israel di rumah mereka di Jalur Gaza utara, kata seorang petugas medis.


Baca Juga: Mahkamah Internasional: Kehadiran Israel di Palestina Ilegal, Harus Segera Diakhiri

Kantor media pemerintah yang dikelola Hamas di Gaza mengatakan, kematian Abu Jasser menambah jumlah jurnalis Palestina yang tewas akibat tembakan Israel sejak 7 Oktober menjadi 161 orang.

Serangan militer Israel di seluruh Gaza menewaskan 37 warga Palestina dalam 24 jam terakhir dan menghancurkan beberapa rumah.

Di kamp Al-Nuseirat di Jalur Gaza tengah, serangan udara di sebuah gedung bertingkat banyak melukai beberapa orang, termasuk dua jurnalis lokal, kata petugas penyelamat.

Di Rafah, di mana Israel mengatakan mereka bertujuan untuk membongkar batalion terakhir sayap bersenjata Hamas, penduduk mengatakan tank-tank bergerak lebih jauh ke area utara kota dan menguasai puncak bukit di bagian barat, di tengah pertempuran sengit dengan pejuang yang dipimpin Hamas.

Baca Juga: Benjamin Netanyahu Berencana Sowan Presiden AS Joe Biden Minggu Depan

Tentara Israel mengatakan, pasukan terus melakukan operasi di Rafah, mengeliminasi banyak militan selama sehari terakhir di area Tel Al-Sultan di sisi barat kota.

Di Gaza Tengah, militer mengatakan mereka melakukan serangan terhadap infrastruktur militan.

Militer juga mengatakan mereka menghantam sebuah bangunan yang digunakan oleh militan Palestina di Deir Al-Balah di Jalur Gaza tengah, dengan mengatakan bahwa para militan beroperasi dari area kemanusiaan

Selain itu juga menuduh militan Gaza mengeksploitasi bangunan sipil dan penduduk untuk tujuan militer, sebuah tuduhan yang ditolak oleh Hamas dan kelompok lainnya sebagai tidak benar untuk membenarkan serangan tersebut.

Upaya gencatan senjata yang dipimpin oleh Qatar dan Mesir serta didukung oleh Amerika Serikat (AS) sejauh ini gagal karena perselisihan antara pihak-pihak yang bertikai, yang saling menyalahkan atas kebuntuan tersebut.

Baca Juga: Israel Membombardir Gaza Tengah, Sedikitnya 13 Orang Tewas

Israel berjanji untuk memusnahkan Hamas setelah para pejuangnya membunuh 1.200 orang dan menyandera lebih dari 250 orang dalam serangan pada 7 Oktober, menurut penghitungan Israel.

Setidaknya 38.919 warga Palestina telah tewas dalam serangan balasan Israel sejak saat itu, menurut otoritas kesehatan Gaza.

Pada hari Selasa, Israel mengatakan mereka telah mengeliminasi setengah dari pimpinan sayap militer Hamas dan membunuh atau menangkap sekitar 14.000 pejuang sejak awal perang.

Israel mengatakan, 326 tentaranya telah tewas di Gaza.

Hamas tidak merilis angka korban dan mengatakan Israel melebih-lebihkan laporannya untuk memberikan kesan "kemenangan palsu".

Editor: Yudho Winarto