Istana Negara dan Istana Garuda Diresmikan Besok Jumat (11/10)



KONTAN.CO.ID - NUSANTARA. Istana Garuda, Istana Negara, dan Pusat Pelatihan atau Training Center Tim Nasional PSSI di Ibu Kota Nusantara (IKN), akan diresmikan tanggal 11 Oktober 2024.

Direktur Jenderal Cipta Karya Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Diana Kusumastuti memastikan hal itu kepada Kompas.com, Minggu (6/10/2024).

"Insya Allah, Istana Negara, Istana Garuda dan TC Timnas PSSI akan diresmikan tanggal 11 Oktober 2024," ujar Diana.


Istana Negara IKN merupakan Istana Kepresidenan yang terletak dibagian bawah Istana Garuda yang merupakan tempat resmi dan kantor Presiden. Konsepnya sama halnya dengan Istana Negara di Jakarta yang berada satu komplek dengan Istana Merdeka.

Ketiganya merupakan bagian dari pembangunan infrastruktur Batch 1 Tahap I IKN yang dikerjakan kurun 2022-2024. Hingga September 2024, progres pembangunan infrastruktur Batch 1 telah berada pada angka lebih dari 93 persen. Sementara untuk keseluruhan Batch 1, 2, dan 3 jika digabungkan mencapai agregat perkembangan sekitar 53,5 persen.

Baca Juga: Keppres Pemindahan Ibu Kota ke IKN akan Diteken oleh Presiden Terpilih Prabowo

Adapun gedung-gedung pemerintahan yang mendukung ekosistem perkantoran, seperti gedung Kementerian Koordinator (Kemenko), rata-rata sudah di angka lebih dari 90 persen.

"Sebelumnya, yang sudah diresmikan yakni Plaza Seremoni dan Taman Kusuma Bangsa. Alhamdullilah kita sudah bisa menikmati dari seluruh kawasan di depan Istana Negara dan Istana Garuda," cetus Diana.

Sebelumnya, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan, TC PSSI IKN akan diresmikan oleh Presiden Joko Widodo bersama dengan Presiden FIFA Gianni Infantino. Namun, kehadiran Presiden FIFA Gianni Infantino masih harus menunggu konfirmasi lagi karena terkait invasi Israel ke Lebanon baru-baru ini. Sehingga lawatan Gianni ke Asia, termasuk Indonesia ditunda.

"Tapi, semua fasilitas di TC PSSI sudah siap," tuntas Dito. Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Istana Garuda, Istana Negara, dan TC PSSI IKN Diresmikan 11 Oktober", Klik untuk baca: https://ikn.kompas.com/read/2024/10/07/130000487/istana-garuda-istana-negara-dan-tc-pssi-ikn-diresmikan-11-oktober.  

Selanjutnya: Pengurus Baru Kadin: Anindya Bakrie Ketum, Arsjad Rasjid Ketua Dewan Pertimbangan

Menarik Dibaca: Bunga Tabungan Berjangka BCA Tertinggi 1,60%

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih