Istri Najib Razak ditahan atas tuduhan pencucian uang



KONTAN.CO.ID - KUALA LUMPUR. Komisi pemberantasan korupsi Malaysia atau Malaysian Anti-Corruption Commission (MACC) menahan Rosmah Mansor, istri mantan perdana menteri Najib Razak. Lembaga ini akan mengatakan, Rosmah akan dikenai tuntutan atas pencucian uang dan beberapa pelanggaran lain.

"Rosmah akan menghadapi beberapa tuduhan," ungkap MACC dalam pernyataan, Rabu (3/10).

Penahanan Rosmah terjadi setelah tiga putaran interogasi MACC atas dana negara pada 1Malaysia Development Berhad (1MDB). Otoritas Amerika Serikat (AS) sebelumnya mengungkapkan, sekitar US$ 4,5 miliar dana disalahgunakan. Pekan lalu, interogasi Rosmah berlangsung hingga 13 jam.

MACC tidak menyebut apakah penahanan Rosmah ini terkait 1MDB. Pengacara Rosmah sebelumnya mengatakan bahwa istri Najib ini akan menghadapi tuntutan pencucian uang.

Media Malaysia menyebut, Najib pun menghadapi interogasi polisi atas kasus pencucian uang. Mantan perdana menteri yang kalah di bulan Mei lalu ini menghadapi 32 tuntutan mulai dari pencucian uang hingga penyalahgunaan jabatan dalam penyelidikan hilangnya miliaran dollar dari 1MDB.

Editor: Wahyu T.Rahmawati