Italia berpeluang di-downgrade lagi akhir Januari ini



LONDON. Peringkat utang Italia kembali berpeluang diturunkan bulan ini. Adalah Fitch Ratings yang berencana menggunting peringkat kredit Negeri Pizza itu.

David Riley, head of global sovereign ratings Fitch melihat, kemungkinan penurunan rating itu sangat besar karena hingga saat ini Uni Eropa dinilai kurang memiliki rencana untuk menghentikan krisis zona euro. Hal itu diperberat oleh tingginya utang Italia.

Saat ini, Italia memegang rating A. Tapi bulan lalu, bersama dengan Spanyol, Belgia, Republik Irlandia, Slovenia dan Siprus, outlook keenamnya ditempatkan negatif oleh Fitch. Penurunan outlook tersebut memiliki arti bahwa downgrade sangat mungkin dilakukan dalam kurun 12-18 bulan mendatang.


Ulasan secara utuh akan dirilis Fitch pada akhir Januari ini. "Italia sebagai perekonomian terbesar ketiga di zona euro berada di baris paling depan yang terhantam masalah keuangan," jelas Riley.

Lembaga pemeringkat kelas dunia itu melihat, salah satu cara agar downgrade tidak dilakukan adalah Italia harus memiliki imun atau firewall seperti mengambil premi likuiditas krisis. "Masa depan euro akan diputuskan di gerbang Roma," pungkas Riley.

Editor: