Italia cabut beberapa pembatasan virus corona akhir April, asalkan...



KONTAN.CO.ID - ROMA. Italia mungkin mulai mencabut beberapa pembatasan untuk menahan penyebaran virus corona baru pada akhir April. Asalkan, tren perlambatan epidemi terus berlanjut.

"Kami perlu memilih sektor-sektor yang bisa memulai kembali aktivitas mereka," kata Perdana Menteri Italia Giuseppe Conte kepada BBC dalam sebuah wawancara pada Kamis (9/4) seperti dikutip Reuters.

"Jika para ilmuwan mengonfirmasi hal itu (perlambatan epidemi terus berlanjut), kami mungkin akan mulai melonggarkan beberapa langkah pada akhir bulan ini," ujar Conte.

Baca Juga: Harapan, kematian akibat virus corona di Italia masih dalam tren melambat

Tapi, Conte memperingatkan, Italia tidak bisa menurunkan penjagaannya dan penguncian nasional yang berlaku sejak 9 Maret lalu hanya dapat pemerintah kurangi secara bertahap.

Kematian akibat virus corona baru di Italia kembali melambat, dengan mencatat 542 orang meninggal pada Rabu (8/4), lebih rendah dari 604 sehari sebelumnya.

Tetapi, laju kasus baru virus corona di Italia kencang kembali, dengan 3.836 kasus pada Rabu (8/4), lebih tinggi dari hari sebelumnya yang hanya 3.039 kasus.

Baca Juga: Anti-penularan, robot bisa jadi pahlawan dalam perang melawan virus corona

Padahal, kenaikan harian kasus baru virus corona di negeri piza sudah melambat selama dua hari berturut-turut, bahkan angka pada Selasa (7/4) yang terendah sejak 13 Maret.

Editor: S.S. Kurniawan