Jadi e-commerce yang paling banyak dikunjungi, ini kata Tokopedia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Berdasarkan laporan iPrice, di market domestik Tokopedia menjadi platform e-commerce yang paling banyak kunjungan dengan rata-rata 140 juta kunjungan per bulan. Tokopedia juga mencatat transaksi lebih dari Rp 18 triliun per bulan.

Melisa Siska Juminto, COO Tokopedia menjelaskan bahwa fokus utama Tokopedia sudah berhasil membangun super ekosistem. Oleh karena itu, raihan ini bukan hanya penting bagi perusahaan saja tetapi juga mitra baik seller, perbankan dan lainnya.

Baca Juga: Blibli bakal buka kanal baru layanan pelanggan melalui WhatsApp


"Fokus kami juga lokal, kalau iPrice itu studinya lebih banyak bahas Asia Tenggara sedangkan Tokopedia fokusnya tentang solve Indonesia punya masalah," ujarnya di Jakarta, Rabu (4/9)

Secara regional, Tokopedia juga menjadi e-commerce ketiga terbesar kendati baru hadir di Indonesia. Ditanya apakah akan ekspansi ke negara Asia Tenggara lainnya, dirinya mengatakan fokus Tokopedia saat ini tidak ekspansi global melainkan penetrasi ke rural area di Indonesia.

"Fokus kami itu bagaimana Boyolali lebih penting dari Thailand, Bandung lebih penting dari Singapura. Berbeda dengan teman-teman kami lainnya, fokus kami yaitu pemerataan ekonomi di Indonesia," lanjutnya.

Baca Juga: Tokopedia resmikan kantor khusus layanan pelanggan Tokopedia Care

Ia mencontohkan kerjasama Tokopedia dengan Pemprov Jawa Barat terkait kerjasama dengan Universitas-universitas untuk untuk membantu edukasi ke kota-kota kecil.

Harapannya literasi internet bisa membantu ekonomi masyarakat untuk berkembang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Tendi Mahadi