Jadi Jawara Sepekan Terakhir, Ini 5 Reksadana Saham Terbaik



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Reksadana saham kembali unjuk gigi dalam sepekan terakhir. Setelah imbal hasilnya sempat tersalip reksadana campuran, kini reksadana saham kembali menorehkan kinerja terbaik.

Mengutip data Infovesta Utama periode 13-20 September 2024, reksadana saham memimpin penguatan imbal hasil di kisaran 0,84% dibanding reksadana jenis lainnya.

Sayangnya meski menjadi yang terbaik sepekan lalu, secara year to date (ytd), kinerjanya masih merah. Kinerja reksadana saham sejak awal tahun masih turun 3,25%.


Kali ini jawara pekan lalu, reksadana campuran harus puas berada di posisi kedua dengan imbal hasil 0,80%. Sejak awal tahun kinerjanya masih tumbuh positif 2,59%.

Baca Juga: Ini Kata Manajer Investsi (MI) Soal Reksadana Saham Saat IHSG Rontok

Kemudian diposisi ketiga, ditempati reksadana pendapatan tetap dengan imbal hasil 0,69%. Kinerjanya juga cukup positif dari awal tahun, yaitu tumbuh 2,47%.

Sementara itu diposisi kunci ditempati reksadana pasar uang yang mencatatkan imbal hasil 0,11%. Dari awal tahun kinerjanya telah tumbuh 3,38%.

Penguatan reksadana saham pekan ini ditopang oleh respon positif pasar terhadap keputusan BI yang menurunkan BI Rate 25 bps. Ditambah lagi dari luar, The Fed juga mengambil kebijakan serupa dengan memangkas suku bunga acuannya 50 bps.

Diperkirakan dalam sepekan ke depan, di pasar saham,  investor akan melakukan aksi beli pada saham big cap dengan valuasi undervalued. Sedangkan pada obligasi, saat ini masih menjadi waktu yang tepat untuk mengkoleksi SUN khususnya seri-seri yang baru diterbitkan pemerintah. Investor dapat mengurangi porsi tenor jangka pendek dan menambah porsi tenor menengah hingga panjang.

Baca Juga: Menanti Pemangkasan Suku Bunga The Fed, Begini Prospek Imbal Hasil Investasi

Berikut 5 reksadana saham dengan kinerja terbaik periode 13-20 September 2024 :

1. Pratama Dana Aktraktif Saham 14,01%

2. Pratama Dana Alpha Saham 12,80%

3. Pratama Dana Cemerlang Saham 11,76%

4. Pratama Dana Gemilang Saham 11,27%

5. Pratama Dana Saham Unggulan 10,99%

Selanjutnya: Aset Perusahaan Modal Ventura Syariah Turun

Menarik Dibaca: GoTo Luncurkan Program Associate Product Manager Bootcamp

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Putri Werdiningsih