Jadi Menko Bidang Pangan, Zulhas Targetkan Swasembada Pangan dalam 5 Tahun ke Depan



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Zulkifli Hasan alias Zulhas didapuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Pangan dalam Kabinet Merah Putih. 

Zulhas mengatakan tugasnya sebagai Menko Bidang Pangan karena isu ini menjadi prioritas Presiden Prabowo Subianto dalam periode 2024-2029 mendatang. 

Pihaknya juga mengklaim dibawah kemepimpinanya di sektor pangan, ia berambisi bisa swasembada pangan dalam lima tahun mendatang. 


"Tugas menko bidang pangan terang bahwa dalam 5 tahun ini kita harus swasembada pangan," jelas Zulhas usai kegiatan sertijab di Auditorium Kemendag, Senin (21/10). 

Baca Juga: Budi Santoso Dilantik Jadi Mendag, Perluasan Pasar Perdagangan Jadi Program Utama

Untuk itu, ke depan perluasan tanam bukan hanya fokus di Pulau Jawa. Zulhas mengatakan, Papua mendatang akan menjadi salah satu sentra lumbung pangan tanah air. 

Ada berbagai macam jenis tanaman pokok yang akan digarap mulai dari padi, jagung hingga tebu di Indonesia bagian timur ini. 

"Masa depan Indonesia itu ada di Papua, sekarang sudah dilakukan secara serius. Mudah-mudahan 5 tahun ke depan kita bisa ke pertanian sawah 2 juta ha, perkebunan tebu 600.000 ha sampai 1 juta ha," ujar Zulhas. 

Diketahui, Kementerian Koordinator Bidang Pangan merupakan salah satu kementerian baru yang masuk dalam Kabinet Merah Putih yang dibentuk Prabowo Subianto. 

Zulhas sebelumnya menduduki jabatan Menteri Perdagangan (Mendag) pada era Pemerintahan Joko Widodo (Jokowi)-Ma’ruf Amin. 

Selanjutnya: Tiga Bank Uji Coba Inovasi Skema Credit Scoring KUR, Ini Kriteria Debiturnya

Menarik Dibaca: Promo Alfamidi Ngartis sampai 31 Oktober 2024, Masako-Kin Yogurt Beli 1 Gratis 1

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Khomarul Hidayat