Jadi Penerbit Pertama, RHB Sekuritas Menguasai Pasar Waran Terstruktur



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT RHB Sekuritas Indonesia masih menguasai pangsa pasar waran terstruktur di dalam negeri. Tak heran, RHB Sekuritas merupakan penerbit pertama dari produk derivatif ini. 

Head of Sales Equity Derivatives RHB Sekuritas Steinly Atmanagara menyampaikan berdasarkan data year to date, pihaknya masih menguasai nilai transaksi sekitar 85%–90%. 

Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia (BEI) pada Rabu (10/7), nilai transaksi waran terstruktur mencapai Rp 622,62 juta. Jika ditarik dari awal tahun, nilai transaksinya telah menembus Rp 269,96 miliar. 


“Ini mungkin saja terjadi karena investor melihat waran milik RHB Sekuritas sebagai pelopor penerbit waran terstruktur di Indonesia,” jelasnya kepada Kontan.co.id, Rabu (10/7). 

Baca Juga: Penerbit Waran Terstruktur Bertambah, Begini Respon Para Pemain Lama

Faktor lainnya, lanjut Steinly, mungkin dipengaruhi oleh akses gratis yang disediakan kepada investor untuk menggunakan tools trading waran terstruktur secara gratis. 

Seperti diketahui, RHB Sekuritas Indonesia adalah anggota bursa (ab) pertama yang menerbitkan produk waran terstruktur di pasar modal Indonesia pada 19 September 2023. 

Pada saat itu, RHB Sekuritas menerbitkan tiga waran terstruktur dengan underlying saham PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BBRI), PT Unilever Indonesia Tbk (UNVR) dan PT Adaro Energy Tbk (ADRO). 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Wahyu T.Rahmawati