Jaga Stabilitas Harga dan Stok Pangan, ID FOOD Luncurkan Produk Retail



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero) atau Holding Pangan ID Food meluncurkan produk-produk retail pangan. 

Direktur Utama Holding Pangan ID Food Frans Marganda Tambunan mengatakan, peluncuran produk tersebut sebagai kontribusi dalam menjaga ketersediaan dan stabilisasi harga malalui pengembangan produk pangan.

"Kami refresh lagi tujuan dari pembentukan BUMN Holding Pangan ID Food untuk berkontribusi terhadap ketahanan pangan, ketika kita berbicara pangan tentunya terkait ketersediaan, keterjangkauan, kesinambungan dari produk pangan," kata Frans dalam pernyataan tertulisnya, Sabtu (4/3). 


Baca Juga: Bapanas: Harga Bahan Pangan Cukup Terkendali

Dia menjelaskan, ID Food berkontribusi meningkatkan kesejahteraan petani, peternak, nelayan, dan mitra-mitra ID Food Group. 

Dengan begitu dapat menjadi pemain global industri pangan melalui operational excellence ID Food Group. 

"Pemerintah memberikan kepercayaan dan meminta ID Food sebagai BUMN pangan dapat berkontribusi untuk menjaga stabilitas stok dan harga pangan,” ujar Frans. 

Frans menilai, semua berkesinambungan baik dari pembentukan BUMN Holding Pangan dan beberapa program pemerintah melalui dua tugas. 

Pertama adalah menjadi BUMN pangan yang sehat secara komersial untuk mencapai profit dan kedua juga dapat memberikan benefit untuk bangsa dan negara terutama melalui program Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). 

Dia memastikan, ID Food ke depan akan bergerak dalam melaksanakan tugasnya.  “Pertama untuk dapat menghasilkan produk yang diproduksi ID Food, produk dari offtaker petani, peternak dan nelayan, produk yang dikerjasamakan dengan pihak lain,” ujar Frans. 

Selain itu, Frans memastikan produk pangan yang dikelola ID Food distribusikan melalui dua cara. Pertama, secara komersial.

Kedua, melalui program CPP sebagai wujud meningkatkan inklusivitas petani, peternak, dan nelayan. 

Sementara itu, Direktur Komersial Holding Pangan ID Good Ardiansyah Chaniago mengatakan, peluncuran produk pada momentum HUT pertama Holding Pangan merupakan bagian dari program new product development ID Food Group yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

“Kami menghadirkan lima produk pangan baru dengan brand Rania,” ujar Ardiansyah.

Baca Juga: Realisasi Operasi Pasar Beras 420.203 Ton Per 2 Maret, Badan Pangan: Stok PIBC Naik

Produk tersebut di antaranya Rania Garam, Rania Tepung, Rania Gula, Rania Kecap, dan Rania Air Mineral Dalam Kemasan (AMDK). Selain itu, juga beras dengan jenama beras cap tiga warung, dua produk garam yakni garam magissa, garam therapina, serta produk nonpangan ID Food Group seperti Nushi tissue, Nushi alkohol swab, dan lainnya. 

Ardiansyah menyampaikan, produk-produk pangan tersebut sudah mengantongi izin sebagai pemenuhan persyaratan keamanan konsumsi pangan dari Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM). Selain itu juga telah dilengkapi dengan sertifikat halal dari Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH).

“Pendistribusian pasarnya disiapkan skala nasional dan tersedia di beberapa e-commerce seperti platform Warung Pangan yang dikelola anggota holding PT Perusahaan Perdagangan Indonesia, dan sinergi platform e-commerce lainnya,” ungkap Ardiansyah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Herlina Kartika Dewi