Jaguar Land Rover rakit 2 model mobilnya di China



LONDON. Perusahaan mobil mewah asal Inggris Jaguar Land Rover mengumumkan rencana merakit dua model mobilnya di China. Jika pabrik itu terwujud, maka pabrik itu akan menjadi pabrik pertama Jaguar Land Rover yang ada di luar Inggris..

Meski rencana itu belum memperoleh persetujuan dari pemerintah China, namun Jaguar Land Rover telah mengantongi rencana lokasi pabrik yang tepat untuk merakit mobilnya, yakni ada di Shanghai utara.

Kepala eksekutif Jaguar Land Rover, Dr Ralph Speth mengatakan pada BBC, “kami akan memulai dengan varian Freelander atau Evoque.” Namun unrtuk varian Range Rover dan Range Rover Sport tidak akan diproduksi di China. “Untuk merakit produk ini sangat rumit, kami tetap melakukannya di Inggris,” tambahnya.


Sebelumnya, Freelander pernah dirakit di Pune, India, dengan bahan-bahan yang dikirim dari Inggris. Begitu juga dengan Land Rover Defender sempat dirakit di beberapa lokasi, termasuk Kenya. Namun, pabrik di Shanghai nantinya akan menjadi pabrik pertama yang menggunakan bahan-bahan asli dari China.

Perusahaan menyatakan, ekspansi ke China itu tidak akan menjadi ancaman bagi industri mereka yang ada di Inggris. “Kami terus menambah jumlah produksi, bukan untuk mengurangi yang ada di Inggris. Kami ingin mendunia,” jelas Dr Speth.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Asnil Amri