KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Jakarta Auto Week (JAW) 2022 yang diselenggarakan oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) telah berakhir pada Minggu (20/3). Penyelenggaraan perdana JAW memberikan kesan pertama yang sangat positif untuk pengujungnya. Pelaksanaan pameran otomotif pertama pada tahun ini mendapatkan perhatian dan dukungan penuh dari Kementerian Perindustrian dan Kementerian Perhubungan. Dukungan tersebut ditunjukkan dengan kehadiran Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita serta Dirjen Industri Logam, Mesin, Alat Transportasi dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier, dan Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiyadi. Agus mengatakan stimulus relaksasi Pajak Penjualan atas Barang Mewah yang Ditanggung Pemerintah (PPnBM DTP) telah terbukti mampu menopang pertumbuhan dan peningkatan produksi kendaraan. Ia juga menyampaikan apresiasinya kepada seluruh peserta JAW 2022 yang hadir dengan berbagai penawaran terbaik.
“Kami mendorong dapat dihadirkannya beragam penawaran terbaik bagi pengunjung dan dapat meningkatkan nilai transaksi produk otomotif. Kami ucapkan terima kasih dan apresiasi setinggi-tingginya pihak penyeleggara dan seluruh exhibitors Jakarta Auto Week 2022,” ujar Agus dalam siaran pers yang diterima Kontan.co.id, Senin (21/3).
Baca Juga: Ikut Jakarta Auto Week 2022, Hyundai Tampilkan Sederet Produk dan Layanan Gaikindo juga menyampaikan rasa terima kasih atas dukungan dari pemerintah untuk industri otomotif Indonesia dan khususnya kepada JAW 2022. “Penyelenggaraan perdana JAW tidak lepas dari dukungan dan arahan yang diberikan pemerintah, khususnya Kementerian Perindustrian. Untuk itu kami sangat berterima kasih,” ujar Ketua Umum Gaikindo Yohannes Nangoi. Menurut Gaikindo, pameran JAW memang berbeda dari GIIAS. Jika penyelenggaraan GIIAS adalah ajang tempat para peserta memperkenalkan kendaran terbaru, kendaraan konsep, serta berbagai teknologi otomotif terdepan, JAW memiliki pendekatan yang berbeda dimana yang menjadi fokus adalah kegiatan penjualan. Pada peyelenggaraan JAW kali ini para peserta menawarkan berbagai program spesial, termasuk juga penawaran relaksasi PPnBM. Hingga hari terakhir penyelenggaraan sebanyak 53.164 pengunjung tercatat menghadiri JAW 2022. Menurut Gaikindo jumlah tersebut menjadi sebuah pencapaian tersendiri, karena para pengunjung yang hadir tersebut merupakan calon pembeli potensial dari para peserta. Nangoi memaparkan sebuah ilustrasi untuk menjelaskan hal tersebut. Saat ini tersebar kurang lebih 1.000 showroom dealer milik para peserta di Jakarta yang dalam satu hari dikunjungi oleh 6-7 calon pembeli. "Maka jika dihitung selama 9 hari sesuai dengan waktu penyelenggaraan JAW, berarti terkumpul sekitar 54.000 hingga 63.000 pengunjung. Oleh karena itu, angka pengunjung yang dicapai JAW dinilai cukup bagus dan sesuai dengan jumlah pembeli potensial yang ada di Jakarta,” jelas dia. Penyelenggaraan pertama JAW 2022 adalah ajang perkenalan bagi seluruh pengunjung. Gaikindo menekankan bahwa penyelenggaraan perdana ini adalah tahap untuk menciptakan kesan positif di masyarakat, khususnya para pembeli potensial.
Meskipun Gaikindo tidak menetapkan target penjualan pada penyelenggaraan JAW perdana ini, namun Gaikindo menerima laporan dari beberapa peserta bahwa mereka telah dapat mencapai bahkan melebihi target yang mereka sasar pada JAW 2022. Rizwan Alamsjah, Ketua III Gaikindo sekaligus Ketua Penyelenggara pameran Gaikindo menambahkan, saat ini hasil transaksi dari deretan peserta pameran, yakni Daihatsu, Honda, Hyundai, Isuzu, KIA, Lexus, Mazda, MG, Mitsubishi Motors, Nissan, Suzuki, Toyota, dan Wuling serta industri pendukung otomotif lainnya masih terus didata oleh peserta untuk disampaikan kepada Gaikindo, kemudian dilaporkan kepada Kementerian Perindustrian. Gaikindo akan menginformasikan kembali hasil dari pencapaian transaksi JAW 2022 melalui publikasi tertulis.
Baca Juga: Produsen Mobil Luncurkan Mobil Baru Mereka di Jakarta Auto Week, Ini Harganya Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Khomarul Hidayat