Jakob Oetama Mendapatkan Penghargaan Lifetime Achievement Komisi Penyiaran Indonesia



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. Salah satu pendiri Kompas dan Kompas Gramedia (KG) Jakob Oetama mendapatkan penghargaan "Lifetime Achievement" dari Komisi Penyiaran Indonesia (KPI). 

KPI memberikan penghargaan khusus seumur hidup kepada almarhum Jakob Oetama dalam Anugerah KPI 2021 karena menganggap Jakob sebagai salah satu tokoh pers nasional yang telah berjasa dan memberikan kontribusi nyata bagi perkembangan industri media di Indonesia, termasuk penyiaran.

Penghargaan "Lifetime Achievement" kepada Jakob Oetama disampaikan langsung Ketua KPI Pusat, kepada perwakilan Kompas Gramedia yang hadir dalam acara puncak Anugerah KPI 2021, Jumat (17/12) lalu.


Wakil Ketua KPI Pusat, Mulyo Hadi Purnomo dalam pernyataan tertulis yang diunggah www.kpi.go.id menjelaskan penghargaan “Lifetime Achievement” kepada Jakob Oetama disepakati secara bulat oleh Dewan Juri Anugerah KPI 2021. 

Menurut Mulyo, pendiri Surat Kabar Harian Kompas ini dinilai telah memberikan perhatian besar dan pemikiran yang kongrit pada perkembangan media di tanah air termasuk media penyiaran.

KPI juga menilai Jakob memiliki komitmen dan konsistensi dalam dunia pers atau jurnalistik dan tidak pernah berubah sampai akhir. 

Sebagai tokoh pers dan media yang dimilikinya, Jakob Oetama juga dinilai konsisten berada pada posisi yang netral. "Melalui pers beliau ikut serta menegakkan demokrasi dan menjadi corong kebenaran,” kata Mulyo Hadi.

Bahkan, komitmen Jakob Oetama juga diwujudkan dalam mengembangkan media penyiaran. 

"Media penyiaran yang berada dalam satu payung bersama yakni Kompas TV, arahnya siarannya untuk mencerdaskan kehidupan masyarakat selalui dikedepankan. Hal ini sangat kami apresiasi tinggi dan patut menjadi contoh bagi yang lain," kata Mulyo.  

Rikard Bagun, yang mewakili pimpinan Kompas Gremedia, menyampaikan, Jakob Oetama merupakan tokoh inspiratif yang hampir dalam setiap diskusi jarang sekali bicara tentang Kompas Gramedia, tetapi mengajak semua orang untuk berpikir dan berbuat sesuatu bersama-sama berkontribusi untuk Indonesia yang lebih maju.

“Kami berterimakasih kepada KPI yang telah memberikan energi baru dan dorongan untuk bersama-sama menatap Indonesia yang lebih baik, make Indonesia great again," ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Syamsul Azhar