Jalin Pembayaran Dorong Transformasi Digital



KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Jalin Pembayaran Nusantara (Jalin) terus meningkatkan layanan sejalan dengan transformasi perusahaan menjadi digital enabler yang menghubungkan masyarakat dengan ekosistem finansial dan non finansial.

Salah satu layanan yang terus didorong Jalin adalah penggunaan QRIS. Sepanjang paruh pertama tahun ini, Jalin telah memproses transaksi QRIS lebih dari 60 juta. Capaian tersebut melonjak hingga 10 kali lipat dibandingkan tahun lalu.

Direktur Komersial Jalin, Eko Dedi Rukminto memproyeksikan bahwa transaksi QRIS ini akan terus meningkat signifikan hingga akhir tahun 2023. "Pertumbuhan transaksi QRIS yang signifikan di semester satu menunjukkan sinyal positif bahwa kinerja Jalin dan Para Member meningkat pesat diparuh pertama tahun 2023," kata Eko dalam keterangan resminya dilansir Senin (3/7).


Dia bilang, pihaknya akan terus mendorong upaya penggunaan QRIS yang lebih masif ditengah masyarakat dan senantiasa mendukung program Bank Indonesia dalam mengakselerasi sistem pembayaran digital di tanah air dengan QRIS yang cepat, mudah, murah, aman, dan andal.

Jalin memprediksi mampu melayani transaksi pembayaran dengan total transaksi hingga di akhir tahun 2023 mencapai lebih dari 1 miliar transaksi. Khusus untuk transaksi QRIS ditargetkan bakal melonjak enam kali lipat dari tahun 2022.

Direktur Utama Jalin, Ario Tejo Bayu Aji mengungkapkan bahwa proyeksi total transaksi QRIS menunjukkan potensi tingkat akseptansi yang sangat baik oleh masyarakat dalam memanfaatkan teknologi alat pembayaran, baik dari sisi pengguna maupun merchant agar mereka lebih terbiasa menggunakan QRIS sebagai alat transaksi pembayaran non tunai.

Dari sisi regulator untuk mengakselerasi pembayaran digital, Bank Indonesia (BI) menargetkan 45 juta pengguna QRIS pada akhir tahun 2023 dan sekitar 80%-90% dibidik dari transaski merchant usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Berkomitmen Tingkatkan Program TJSL

Di samping itu, Jalin juga terus berkomitmen menjalankan program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) yang berorientasi pada tujuan pembangunan berkelanjutan sesuai dengan arahan Kementerian BUMN. 

Terbaru, Jalin bersinergi dengan dengan program Kurban Bersama Holding Danareksa dan Baznas menyumbangkan 2.600 paket daging kurban di sekitaran wilayah Jabodetabek dalam rangka merayakan Raya Iduladha 1444 H.

Direktur Utama Ario Tejo Bayu Aji menjelaskan bahwa Jalin terus berperan aktif dalam mendukung peningkatan kesejahteraan masyarakat melalui program-program bantuan sosial kemasyarakatan yang berkelanjutan. 

“Selain bersedekah daging kurban, program kolaborasi Jalin dan Holding Danareksa bersama dengan Baznas ini merupakan wujud upaya Perusahaan dalam memberdayakan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM), utamanya para peternak kecil di desa mulai dari pembenihan hingga penjualan hewan kurban. Harapannya di hari penuh berkah ini Jalin bersama Holding Danareksa juga dapat memberikan manfaat ekonomi bagi usaha kecil,” kata Ario.

Tahun ini program Kurban Bersama Holding Danareksa berhasil mengumpulkan sumbangan total 13 ekor sapi dan 14 ekor kambing. Pemotongan seluruh hewan kurban dilakukan di Yayasan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) kelolaan anggota Holding Danareksa yaitu PT Kawasan Berikat Nusantara (KBN), 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Dina Hutauruk