Waktu terbatas, produsen pilih beriklan di YouTube



Ajang piala dunia tak hanya menjadi tempat bagi tim nasional dari 32 negara untuk merebut titel juara. Sejumlah brand (merek) juga ikut bertanding untuk merebut perhatian penonton melalui tema piala dunia. Para pemilik brand ini mengiklankan mereknya baik melalui media cetak, online hingga ke media sosial seperti YouTube.Mengiklankan produk melalui media seperti YouTube menjadi strategi pemilik merek lantaran spot iklan selama pertandingan sangat terbatas. Yaitu hanya pada saat istirahat pertandingan, yang waktunya hanya 15 menit.Dalam rilisnya, Google selaku pemilik YouTube mengatakan sampai saat ini sudah lebih dari 1,2 miliar menit iklan bertemakan piala dunia ditonton di YouTube. Dimana pada hari pertama pertandingan saja, iklan piala dunia sudah ditonton sebanyak 25,4 juta kali.Dari 10 video iklan teratas yang paling banyak ditonton, tiga diantaranya merupakan iklan dari Nike. Iklan Nike ini banyak ditonton dikarenakan dikemas seperti konten atau film pendek, sehingga menarik untuk ditonton.Berikut video iklan Piala Dunia teratas di YouTube (per 18 Juni):1. Shakira and Activia: Shakira - La La La (Brazil 2014) ft. Carlinhos Brown2. Nike Football: Winner Stays. ft. Ronaldo, Neymar Jr., Rooney, Ibrahimovi?, Iniesta & more   3. Samsung Mobile: #GALAXY11: The Training  4. Nike Football: The Last Game ft. Ronaldo, Neymar Jr., Rooney, Zlatan, Iniesta & more5. Adidas Football: The Dream: all in or nothing ft. Messi, Alves, Suárez, Özil, RVP and more -- FIFA World Cup™6. Itaú: Mostra tua força Brasil (Clipe Oficial)7. Adidas Football: House Match ft. Beckham, Zidane, Bale and Lucas Moura: all in or nothing -- adidas Football8. Castrol: Neymar Jr. v Ken Block9. Nike Football: Risk Everything. Cristiano Ronaldo, Neymar Jr. & Wayne Rooney10.  Beats by Dre: The Game Before The Game Berikut ini negara dengan penonton iklan piala dunia terbanyak di YouTube:1.      Brazil, 61 juta view2.      Amerika Serikan, 57 juta view3.      Mexico, 50 juta view4.      Inggris, 27 juta view5.      Colombia, 23 juta view


Editor: Hendra Gunawan