Jangan Asal Beri Pangan dalam Kemasan ke Anak, Lakukan Cek KLIK Dulu



MOMSMONEY.ID - Orang tua sebaiknya bijak dalam memilih camilan dalam kemasan dengan melakukan cek KLIK terlebih dahulu. 

Anak-anak usia sekolah memang doyan jajan. Di sekolah mereka pun bebas menyantap makanan apa yang mereka sukai dari kantin sekolah.

Terlebih, saat ini produk pangan dalam kemasan mudah dan praktis untuk dikonsumsi. Namun, orang tua sebaiknya bijak memilih pangan dalam kemasan, terutama terkait keamanan pangan pada produk tersebut. 


Rita Endang, Deputi III Bidang Pengawasan Pangan Olahan BPOM, menyatakan, orang tua harus selalu cermat membaca label kemasan, termasuk informasi nilai gizi.

Kemudian, orang tua harus menjadikan itu sebagai kebiasaan, sehingga akan lebih cerdas memilih produk apa yang bisa dibeli dan tidak. 

Baca Juga: Tahun Ajaran Baru Dimulai, Ini Tips Membuat Bekal Sekolah yang Penuh Gizi

BPOM mengkampanyekan gerakan Cek KLIK, yakni “K” cek Kemasan, “L” cek label pada kemasan, “I” cek Izin edar dari BPOM dan “K”cek kadaluarsa yang tertera pada kemasan.

"Dengan begitu, risiko berbagai penyakit bisa dihindari. Literasi mengenai keamanan pangan perlu terus diedukasi terus menerus," ujarnya dalam siaran pers, Selasa (25/7).

Pakar Nutrisi dan Kesehatan Masyarakat Widya Fadila menekankan pentingnya edukasi pada orang tua terkait waktu memberikan camilan pada anak.

Orang tua juga harus bisa memahami pilihan makanan kemasan yang bernutrisi dan aman untuk anak.

"Pada intinya semakin besar usia anak kenalan dengan makanan kemasan itu semakin baik," tambahnya. 

Baca Juga: Mengajari Saling Berbagi dengan Camilan

Menyadari pentingnya edukasi, Windy Prastiwi, Head of Human Capital and Corporate Affairs UNIFAM, bilang, pihaknya menggandeng Nova, BPOM, dan Komunitas Sahabat Nova untuk meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya memilih camilan yang aman dan memenuhi standar kualitas. 

"Kami ingin memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pentingnya memahami dan memastikan makanan kemasan dalam kondisi prima dan memiliki kualitas pangan yang tinggi serta diproduksi dengan standar keamanan pangan," jelasnya.

Pada Hari Anak Nasional yang jatuh setiap 23 Juli, PT United Family Food (UNIFAM) bersama NOVA menggelar webinar pada 21 Juli 2023 secara online lewat tayangan Zoom, dengan tema "Pintar Pilih Camilan Manis, Anak Ceria, Ibu Stress Free". 

UNIFAM mengajak komunitas Sahabat Nova dan beragam komunitas Ibu dengan lebih dari 100 partisipan yang membahas tentang pentingnya memperhatikan keamanan pangan keluarga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Andy Dwijayanto