Jangan Sembarangan, Begini Cara Menggendong Kucing yang Benar



MOMSMONEY.ID - Kucing merupakan hewan peliharaan yang menggemaskan dan banyak disukai. Namun, tahukah Anda cara menggendong kucing yang benar? 

Ya, ternyata ada cara menggendong kucing yang benar. Cara menggendong kucing yang benar ini bisa Anda simak di artikel ini. 

Bagi yang tidak biasa, menggendong kucing bisa menjadi hal yang tidak biasa dan sulit. 


Baca Juga: Ciri Kucing Kedinginan, Begini Cara Menjaga Kucing Tetap Hangat di Musim Hujan

Lalu, bagaimana cara menggendong kucing yang benar? Mengutip Daily Paws, Anda perlu memahami kucing tersebut. 

Setelah menilai situasi dan mendapatkan lampu hijau, dekati kucing tersebut dengan sikap santai. 

Berjongkoklah setingkat dengannya agar tidak merasa terintimidasi jika Anda berada di dekatnya. 

Jika kucing Anda gugup saat digendong, namun senang ditemani dan dibelai, Anda dapat mencoba mengajari mereka untuk menikmati atau mentoleransi saat digendong. 

Setelah dia berada dalam pelukan Anda, pastikan untuk tetap tenang agar kucing merasa nyaman. Pegang kucing agar kaki belakangnya tertopang, letakkan lengan nondominan Anda rata di badan, di atas pusar, untuk memberinya rak tempat pantatnya diistirahatkan. 

Baca Juga: Jangan Panik! Begini Cara Mengatasi Gula Darah Rendah yang Bisa Dilakukan

Gunakan tangan dominan Anda untuk menopang bagian atas tubuhnya dan pegang erat-erat namun lembut di dada Anda.

Setelah Anda berdua merasa nyaman, jelajahi berbagai cara untuk menggendongnya untuk mengetahui apa yang dia sukai. Beberapa kucing suka hinggap di lengan Anda dan menoleh ke belakang agar bisa menikmati pemandangan.

Yang lain suka digendong seperti bayi manusia. Nigbur mengatakan saat Anda menjelajah, belai dia dan bicaralah dengannya untuk membuatnya merasa lebih nyaman dan aman. 

Dukung dia dengan lengan nondominan Anda dan belai dia di kepala atau di punggungnya dengan tangan Anda yang bebas. Mempertahankan nada lembut akan membuatnya nyaman.

Baca Juga: Jangan Tertipu, Ini Ciri-Ciri Kucing Anggora Asli, Nama-Nama Kucing Ini Bisa Dipilih

Untuk anak kecil atau siapa pun yang kurang berpengalaman dengan kucing, Nigbur menyarankan untuk mencoba menggendongnya dari posisi duduk terlebih dahulu, agar kucing dapat memegang kendali dan menemukan posisi nyaman di pangkuan Anda.

Saat Anda atau kucing merasa Anda sudah cukup waktu memegangnya, letakkan dia dengan lembut.

Dari berdiri, berjongkoklah kembali ke permukaan tanah dan letakkan kaki kucing Anda sedekat mungkin dengan lantai. Ketika mereka menyadari apa yang terjadi, mereka akan melepaskan diri dari pelukan Anda.

Jadi begitulah cara menggendong kucing yang benar. Anda tidak akan mendapatkan goresan cakaran jika mengikuti cara di atas. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Nur Afitria