Jangan Tertukar, Inilah Perbedaan Bihun, Soun dan Misoa



MOMSMONEY.ID - Banyak orang kesulitan membedakan bihun, soun dan misoa. Meski seringkali terbalik, tapi sebenarnya tak sulit untuk membedakan ketiga jenis mie ini.

Ketiga jenis mie yang populer di wilayah Asia ini sebenarnya sering muncul di berbagai masakan khas Nusantara. Dari soto hingga bakso, semua hidangan ini pasti menggunakan salah satu dari ketiga jenis mie tersebut.

Agar Anda tak terbalik membedakan ketiganya, simak perbedaan jenis mie  bihun, soun dan misoa, berikut ini.


Baca Juga: Shawarma vs Burrito: Definisi, Persamaan, dan Perbedaan 2 Makanan yang Digulung

Soun

Soun/mie kaca/mie plastik merupakan jenis mie yang punya warna putih cenderung transparan, bertekstur kering dan keras, serta bentuknya tipis mirip benang.

Berkebalikan dengan versi mentahnya, soun yang sudah matang biasanya cenderung punya warna transparan dan mudah patah.

Baca Juga: Ciri-ciri Mentimun, Apakah Tergolong Jenis Buah atau Sayur?

Melansir dari Kompas.com, soun atau yang punya nama lain sebagai glass noodle merupakan jenis mie yang mengandalkan isolasi pati dari sumber bahan baku yang digunakan.

Bahan bakunya pun cukup beragam. Bisa terbuat dari tepung tapioka, pati ubi jalar, kentang, singkong, maupun pati kacang hijau.

Soun yang cenderung lebih mudah menyerap rasa masakan sehingga biasanya cocok untuk berbagai olahan tumisan seperti tumis soun kecap hingga makanan berkuah seperti tekwan & bakso kuah.

Baca Juga: 6 Perbedaan Mentimun vs Zukini dari Bentuk hingga Rasa, Wajib Kamu Tahu

Bihun

Melansir dari Tribunnews, bihun atau yang memiliki nama lain rice noodle/rice vermicelli/rice sticks merupakan jenis mie yang terbuat dari tepung beras, memiliki warna putih cenderung kusam, dan teksturnya tak setipis soun.

Saat sudah matang, tekstur bihun tidak licin & tidak mudah putus seperti Soun.

Bihun paling umum diolah menjadi hidangan bihun goreng. Cara memasaknya cukup direbus setengah matang, kemudian ditumis bersama kecap & aneka irisan sayuran.

Baca Juga: 7 Perbedaan Cokelat Compound vs Couverture, Jenis Cokelat yang Umum Digunakan

Misoa

Jika bihun dan soun memiliki warna putih cenderung sedikit transparan, maka misoa memiliki warna putih.

Misoa terbuat dari tepung gandum/tepung terigu & memiliki tekstur super lembut. Jenis mie ini berasal dari wilayah Fujian, China.

Karena tekstur mie ini lebih lembut daripada soun ataupun bihun, maka misoa cenderung lebih cepat matang. Misoa juga lebih cocok disajikan sebagai hidangan berkuah seperti Sup Oyong Misoa.

Itulah sederet perbedaan ketiga jenis mie: bihun, soun dan misoa, yang patut Anda ketahui.

Selanjutnya: Hashim Sebut Prabowo Sudah Menunggu Dua Tahun untuk Bertemu Megawati

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Raissa Yulianti