KONTAN.CO.ID - JAKARTA. PT Kereta Api Indonesia (Persero) dan anak-anak perusahaan mencatatkan peningkatan terkait jumlah penumpang yang dilayani. Peningkatan penumpang tercatat selama periode tanggal 1 Januari sampai 31 Agustus 2024. Mengutip siaran pers, berdasarkan catatan, KAI Group berhasil melayani sebanyak 299.752.109 penumpang selama periode tersebut.
Adapun rinciannya antara lain: - 29.922.766 penumpang KA jarak jauh - 4.648.369 penumpang KA lokal (dikelola KAI) - 244.454.242 penumpang KRL dan KA Lokal yang dikelola KAI Commuter - 3.693.345 penumpang KAI Bandara - 12.700.737 penumpang LRT Jabodebek - 95.355 penumpang KAI Wisata - 4.237.295 penumpang Whoosh. Khusus pada bulan Agustus 2024, KAI berhasil melayani 4.112.113 penumpang KA jarak jauh dan lokal. Angka tersebut meningkat 3,8% dibandingkan Agustus 2023 yaitu sebanyak 3.959.527 penumpang.
Baca Juga: Cek Jadwal KRL Jabodetabek Hari Ini Senin 9 September 2024, Jangan Lewatkan! "Secara keseluruhan, kinerja KAI dari Januari hingga Agustus tahun 2024 untuk KA Jarak Jauh dan Lokal meningkat 9,4%, dari 31.595.487 penumpang menjadi 34.571.135 penumpang," ungkap VP Public Relations KAI Anne Purba. Anne juga menambahkan, untuk angkutan lainnya juga mengalami peningkatan selama periode Januari hingga Agustus 2024. Seperti, KAI Commuter yang melayani penumpang KRL dan KA Lokal mencatat angka 244.454.242 penumpang atau meningkat 15,03% dibandingkan pada periode yang sama tahun lalu yaitu 212.510.807 penumpang. Penumpang KAI Wisata juga meningkat signifikan, yakni sebesar 73,01%, dari 55.114 penumpang menjadi 95.355 penumpang. Anne mengatakan peningkatan volume penumpang ini didukung oleh perbaikan performa ketepatan waktu kereta api, baik dalam hal keberangkatan maupun kedatangan. Pada Agustus 2024 tingkat ketepatan waktu keberangkatan mencapai 99,85%, meningkat dari 99,76% dibanding periode yang sama tahun 2023. Sementara itu, tingkat ketepatan waktu kedatangan pada Agustus 2024 tercatat 97,87% meningkat dibanding pada Agustus 2023 yakni 95,46%.
Baca Juga: Ada Diskon Tiket Kereta untuk Dosen & Alumni 15 Universitas, Ini Cara Mendapatkannya Dia menyatakan bahwa perbaikan performa ketepatan waktu ini dicapai berkat peningkatan mutu kinerja operasional, termasuk perawatan sarana dan prasarana yang lebih baik. KAI, lanjutnya, akan terus melakukan perbaikan di seluruh lini guna meningkatkan pelayanan kepada pelanggan serta menjaga keselamatan perjalanan kereta api. "Dengan peningkatan kualitas secara berkelanjutan ini, kami berharap kereta api tetap menjadi pilihan utama masyarakat dalam melakukan perjalanan," tutup Anne. Cek Berita dan Artikel yang lain di
Google News Editor: Barratut Taqiyyah Rafie