JAPFA Ekspor Hatching Egg Perdana ke Brunei,Targetkan 130 Ribu Butir di Bulan Oktober



KONTAN.CO.ID - PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk (JAPFA) berhasil menembus pasar Brunei dengan mengirimkan sebanyak 45 ribu butir telur tetas indukan ayam broiler, Rabu (04/10). Total ekspor diperkirakan mencapai lebih dari 130 ribu butir yang terbagi menjadi 3 tahap pengiriman di bulan Oktober ini. Hatching Egg (HE) fertil yang dikirimkan tersebut selanjutnya akan ditetaskan di negara tujuan.

Harwanto, Direktur JAPFA menyampaikan, “Pengiriman hatching egg ini bukan kali pertama dilakukan, sebelumnya JAPFA juga melakukan ekspor ke Myanmar. Hal ini menjadi bukti bahwa kualitas produk perunggasan kami memiliki kualitas yang baik dan diminati pasar mancanegara.

Selain itu, ekspor yang kami lakukan ini merupakan salah satu upaya dalam mendukung pemerintah dan industri perunggasan Indonesia untuk menjaga keseimbangan populasi ayam broiler di dalam negeri.”


Populasi ayam pedaging dalam negeri sejak 2 tahun belakangan mengalami peningkatan. Disusul dengan tingkat konsumsi masyarakat terhadap daging ayam yang mulai meningkat. Namun demikian, angka konsumsi masyarakat Indonesia masih jauh lebih rendah, tidak sebanding dengan ketersediaan ayam yang mengalami surplus tiap tahunnya.

Berbagai upaya telah dilakukan pemerintah dalam menjaga keseimbangan pasokan ayam pedaging, seperti diberlakukannya pengaturan dan pengendalian produksi Day Old Chick Final Stock (DOC FS) melalui cutting Hatching Egg, afkir dini Parent Stock (PS) termasuk ekspor HE ke negara lain.

Dr. Ir. Nasrullah, M.Sc, Direktur Jenderal Peternakan dan Kesehatan Hewan menyampaikan agar ekspor dapat dilakukan dengan tetap memprioritaskan kebutuhan dalam negeri sesuai arahan presiden, dimana produksi komoditas yang saat ini berlebih harus didorong agar mampu menangkap peluang ekspor.

Berdasarkan data BPS, kinerja ekspor komoditas peternakan dan Kesehatan Hewan pada periode Januari – Juli Tahun 2023 (angka tetap) senilai USD 790,7 juta setara Rp. 11,4 T, dengan pertumbuhan nilai ekspor meningkat sebesar 9,26% dan pertumbuhan volume ekspor meningkat 17,28% dibandingkan periode yang sama Tahun 2022.

Harwanto menambahkan “Sejalan dengan program pemerintah untuk percepatan ekspor nasional, kami pun terus berupaya melebarkan sayap kami ke negara Asia lainnya. Berikutnya, kami akan mengirimkan telur tetas ke Malaysia. Kami berharap negosiasi G to G antara kedua negara dapat berjalan dengan baik agar ke depannya kolaborasi ini dapat berjalan secara berkelanjutan.”

JAPFA memastikan praktik peternakan yang bertanggung jawab serta mematuhi regulasi dalam proses produksinya dengan ketat. Standar kelayakan ekspor dibuktikan dengan sejumlah sertifikasi baik lokal maupun internasional, seperti sertifikat kompartemen bebas Avian Influenza (AI), sertifikat Nomor Kontrol Veteriner (NKV), sertifikat produk halal, dan penerapan issue management mutu ISO 2200, Hazard Analysis Critical Control Point (HACCP), serta Food Safety System Certification (FSSC) 22000.

Tentang JAPFA

PT Japfa Comfeed Indonesia Tbk merupakan perusahaan agribisnis terkemuka di Indonesia yang memiliki lini bisnis produksi pakan ternak, pembibitan unggas, peternakan komersial, pengolahan hasil peternakan dan produk konsumen, budidaya perairan, serta perdagangan dan lain-lain. Diiringi dengan program-program kegiatan sosial yang berkontribusi dalam pengembangan masyarakat, JAPFA terus mendukung pengembangan kualitas hidup, sesuai dengan nilai perusahaan “Berkembang Menuju Kesejahteraan Bersama”.

Baca Juga: Japfa Comfeed Indonesia (JPFA) Ekspor Perdana ke Brunei

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Editor: Ignatia Maria Sri Sayekti